Kepala CIA Mengatakan AS Membutuhkan Bantuan Pakistan Untuk Melindungi Tempat-Tempat Aman dari Taliban

0
69

Direktur CIA Mike Pompeo mengatakan pada hari Kamis bahwa Amerika Serikat akan melakukan segala hal untuk membawa Taliban ke meja perundingan di Afghanistan, namun Pakistan harus terlebih dahulu menyangkal militan sebagai tempat yang aman di tanahnya.

Pompeo mengatakan bahwa perundingan untuk bergerak maju, Taliban seharusnya tidak memiliki harapan untuk menang di medan perang di Afghanistan, dan itu berarti membuat tidak mungkin lagi untuk melintasi perbatasan Afghanistan-Pakistan dan bersembunyi di dalam Pakistan.

Strategi itu digariskan oleh Presiden Donald Trump musim panas ini sebagai bagian dari pendekatannya untuk mengakhiri perang 16 tahun, selain peningkatan pasukan A.S. di Indonesia.

Pompeo mengatakan dalam sebuah pidato di Foundation for Defense of Democracies, sebuah think tank Washington, bahwa jika sejarah menjadi panduan, harapan yang sangat rendah harus ditetapkan agar Pakistan dapat bekerjasama dengan A.S. dalam memerangi “terorisme Islam radikal”.

Dia mengatakan bahwa A.S. perlu melakukan “percakapan yang sangat nyata dengan mereka tentang apa yang sedang mereka lakukan … dan harapan Amerika untuk bagaimana mereka akan berperilaku.”

A.S., katanya, “akan melakukan semua yang kami bisa, untuk membawa Taliban ke meja perundingan di Afghanistan, dengan Taliban memiliki harapan nol bahwa mereka dapat memenangkan pertandingan ini di medan perang.”

Dia menambahkan: “Untuk melakukan itu Anda tidak dapat memiliki tempat yang aman di Pakistan.”

Pejabat A.S. telah lama menuduh Pakistan menutup mata atau membantu Taliban Afghanistan dan jaringan Haqqani yang bersekutu. Pakistan secara rutin membantah berkolusi dengan militan.