Markas Besar BMW Digeledah oleh Penyelidik UE

0
53

BMW telah mengkonfirmasi bahwa kantor pusatnya telah digeledah minggu ini oleh pejabat Uni Eropa yang menyelidiki sebuah kartel yang diduga dimiliki oleh lima di antara produsen mobil Jerman.

Penyidik ​​Uni Eropa melihat tuduhan bahwa BMW, Daimler, VW, Audi dan Porsche berkolusi untuk membatasi pengeluaran mereka terhadap teknologi emisi.

BMW mengatakan staf UE telah memeriksa kantor di Munich, menambahkan bahwa pihaknya membantu regulator dalam pekerjaan mereka.

Juga pada hari Jumat, Daimler mengatakan telah mengajukan permohonan keringanan.

Perusahaan yang memiliki Mercedes-Benz, juga tidak memiliki rencana saat ini untuk menyisihkan dana untuk kemungkinan denda, menurut kepala keuangan Bodo Uebber.

‘Kartel’

Regulator UE dan Jerman melihat tuduhan bahwa perusahaan tersebut berkolaborasi selama beberapa dekade mengenai banyak aspek pengembangan dan produksi, mengurangi pelanggan dan pemasok.

BMW mengatakan bahwa pihaknya ingin menjelaskan perbedaan antara kemungkinan pelanggaran undang-undang antimonopoli Uni Eropa, dan manipulasi emisi gas buang ilegal, yang disangkalnya.

Pada bulan Juli, Volkswagen mempertahankan rekornya setelah tuduhan bahwa perusahaan tersebut bekerja sama dengan raksasa mobil Jerman lainnya untuk melanggar peraturan kartel UE.

VW mengatakan sudah biasa bagi produsen untuk bertukar informasi teknis untuk mempercepat inovasi.

Namun, ia menolak untuk mengomentari tuduhan spesifik bahwa lima pembuat mobil berkolusi pada harga dan teknologi.