Obesitas Anak Meningkat 10 Kali lipat di Seluruh Dunia

0
1383

Tingkat obesitas masa kecil global telah melonjak drastis dalam empat dekade terakhir, menurut penelitian baru di Lancet. Jumlah anak-anak berusia 5-19 tahun yang mengalami obesitas meningkat sepuluh kali lipat dari tahun 1975 sampai 2016, dan tingkat tertinggi di Polinesia dan Mikronesia. Harga di negara-negara berpenghasilan tinggi seperti negara-negara Eropa lainnya dan A.S. telah mengalami plateau, namun mereka belum mulai menurun. Harga terendah di Eropa Timur.
Tren terbaru muncul dari lebih dari 2.400 studi yang mendokumentasikan tinggi dan berat hampir 130 juta anak-anak dari tahun 1975 sampai 2016. Para ilmuwan, yang dipimpin oleh Majid Ezzati, profesor kesehatan lingkungan global di Imperial College London, menggunakan informasi tersebut untuk menghitung massa tubuh. indeks (BMI). Secara keseluruhan, jumlah anak-anak dan remaja dengan obesitas – yang didefinisikan oleh pengukuran BMI yang dihitung usia oleh Organisasi Kesehatan Dunia – meningkat dari tahun 1975 sampai 2016 dari lima juta menjadi 50 juta di antara anak perempuan, dan dari enam juta menjadi 74 juta di antara anak laki-laki.
BMI di antara anak-anak meningkat dari tahun 1975 sampai 2016 di hampir setiap bagian dunia, termasuk di sebagian besar wilayah Afrika. Sementara daerah Afrika masih mencatat prevalensi obesitas yang relatif rendah, Afrika bagian selatan melihat kenaikan obesitas tertinggi di antara anak-anak, pada 400% per dekade dalam periode waktu yang diteliti.

Kawasan dunia dengan tingkat obesitas yang sudah tinggi melihat kenaikan proporsional sedikit lebih kecil, dan beberapa melihat dataran tinggi, namun pada tingkat yang lebih tinggi. Di tempat-tempat seperti Polinesia dan Mikronesia, Asia Tenggara dan Asia Selatan, serta A.S., tingkat obesitas di antara anak-anak tetap di atas 20%.
Ezzati mengatakan bahwa dataran tinggi di negara-negara dengan tingkat obesitas yang tinggi secara tradisional agak menggembirakan, karena ini terjadi walaupun beberapa perubahan signifikan untuk mengatasi kenaikan berat badan yang berlebihan di antara anak-anak. Meskipun beberapa kebijakan telah diterapkan untuk memperbaiki olahraga dan diet di sekolah-sekolah di A.S., misalnya, program ini tidak semarak dan konsisten sebagaimana mestinya. “Kabar baik tentang dataran tinggi adalah kejutannya, terutama karena dalam pengertian kebijakan yang aktif, kami belum banyak berbuat untuk mengatasi obesitas masa kecil,” katanya.

Studi ini juga mendokumentasikan tingkat gizi kurang dan berat badan di seluruh dunia, dan menemukan bahwa prevalensi berat di bawah menurun dari 9,2% pada tahun 1975 menjadi 8,4% pada tahun 2016 di antara anak perempuan, dan dari 14,8% menjadi 12,4% di antara anak laki-laki. Meski begitu, jumlah anak yang terkena kekurangan berat badan melebihi mereka yang mengalami obesitas. Tapi jika tren obesitas saat ini terus berlanjut, kata Ezzati, akan ada lebih banyak anak yang mengalami obesitas daripada yang kurus pada tahun 2022. “Bagi kami obesitas dan berat badan adalah manifestasi dari masalah yang sama, yaitu orang-orang tidak mampu atau tidak Tidak diberi kesempatan untuk makan cukup, atau mereka tidak mampu atau tidak diberi kesempatan makan sehat, “katanya. “Mudah-mudahan dengan penelitian ini, kita bisa menjembatani terputusnya antara dua populasi orang dan menemukan hal-hal yang sama untuk dilihat untuk menyelesaikan masalah bersama.”