Pemain bertepuk tangan kepada Xi Jinping di game Tencent

0
164
This photo illustration shows a woman playing a game called "Clap for Xi Jinping: A Great Speech", in Shanghai on October 19, 2017. China's ubiquitous WeChat platform has released a game allowing the country's hundreds of millions of smartphone users to retroactively applaud President Xi Jinping's more than three-hour opening speech -- by tapping their phone screens. / AFP PHOTO / CHANDAN KHANNA (Photo credit should read CHANDAN KHANNA/AFP/Getty Images)

Sebuah game smartphone dimana pemain bisa memberikan tepuk tangan presiden China Xi Jinping telah menjadi virus.

Aplikasi tersebut, yang dirilis pada minggu Kongres Partai Komunis, memungkinkan pengguna bertepuk tangan untuk Mr Xi dengan mengetuk layar ponsel mereka sesering mungkin dalam 19 detik.

Pertandingan, dari Tencent, telah mengumpulkan 1,2 miliar permainan dalam tiga hari.

Pertunjukan kesetiaan publik kepada presiden biasa dilakukan di China dan semakin intensif menjelang kongres.

KTT tertutup, yang berakhir pada hari Selasa, akan menentukan siapa yang memerintah China dan arah politik negara tersebut.

Xi, yang secara luas diperkirakan akan ditunjuk kembali sebagai pemimpin, membuka pertemuan puncak tersebut dengan sebuah pidato yang berlangsung selama tiga setengah jam, di mana dia mengatakan bahwa China telah memasuki “era baru” dan harus “menjadi pusat perhatian di dunia” .

Dalam game Tencent, pengguna ditunjukkan ekstrak pidato mengenai topik seperti mengatur pasar perumahan untuk melindungi pembeli rumah tangga muda, atau memperbaiki kehidupan petani miskin.

Mereka kemudian didorong untuk mengetuk layar untuk melihat seberapa cepat mereka bisa “bertepuk tangan”.

Banyak yang menantang teman mereka untuk berkompetisi dan berbagi nilai mereka di media sosial.

Pada hari Kamis, Tencent mengatakan bahwa pemain telah bertepuk tangan seebanyak satu miliar kali sejauh ini.

‘Kultus kepribadian’

Ini bukan aplikasi pertama yang digunakan untuk mendorong loyalitas politik di China.

Partai Komunis telah merilis lebih dari 100 anggotanya, yang menampilkan kuis dan kelas untuk promosi.

Pertunjukan kesetiaan publik kepada presiden juga biasa dilakukan di China, dengan wajah Mr Xi tampil mencolok di papan reklame dan suvenir yang dijual di kawasan wisata.

Pejabat tinggi juga sering secara terbuka memuji ideologinya – walaupun ini menyebabkan beberapa orang memperingatkan bahwa Xi menciptakan kultus kepribadian di sekeliling dirinya untuk memperkuat posisinya.

Sejak menjabat pada tahun 2012, Xi telah mengambil langkah-langkah untuk memperkuat kepemimpinannya termasuk tindakan keras pemberantasan korupsi yang meluas.

Partai Komunis secara luas diperkirakan akan menulis ulang konstitusinya minggu depan untuk mengabadikan ideologi politiknya – yang dijuluki “Xi Jinping Thought”.