Pemeriksaan Fakta AP: Trump Tidak Masuk Akal Tentang Maria

0
68

Ketika menghadapi badai, Presiden Donald Trump tidak tahu apa-apa tentang Maria.

Pertama, dia tidak akan melepaskan klaim palsu bahwa Puerto Riko terkena topan Kategori 5. Dia juga salah dalam mengutip nilai tinggi dari pejabat era Clinton karena cara dia merespons keadaan pulau itu.

TRUMP: “Mereka dipukul di tengah jalan jika Anda melihat peta tersebut oleh Kategori 5. Tidak ada yang pernah mendengar tentang sebuah tanah yang bertabrakan 5. Biasanya pada saat itu itu mereda. Itu memukul benar melalui dan terus ke 5 itu memukul kanan melalui tengah pulau, tepat di tengah Puerto Riko. Tidak pernah ada yang seperti itu. “Komentar Kamis setelah pertemuan Gedung Putih dengan Gubernur Puerto Riko Ricardo Rossello

FAKTA: Akun itu salah. Maria melakukan pendaratan di Puerto sebagai badai Kategori 4 pada pukul 6:35 pagi pada hari Rabu, 20 September, dengan angin 155 mph (249 kph), hanya berjarak 157 mph (253 kph) dari 5. Juga tidak berhasil menyapu pulau itu sebagai Kategori 5. Ini melemah, dan meninggalkan pulau itu sekitar tujuh jam kemudian karena hampir tidak ada Kategori 3.

Kenyataan bahwa Maria yang terjatuh hanya kurang dari 5 adalah tidak nyaman bagi orang-orang di pulau yang hancur itu, namun Trump mendistorsi catatan sejarah dengan kesalahpahamannya yang terus-menerus.

Badai masa lalu, seperti Andrew pada tahun 1992, kadang-kadang telah ditingkatkan dari Kategori 4 sampai 5 setelah meninjau lebih lanjut kerusakan di lapangan, namun sampai sekarang, Pusat Badai Nasional mencantumkan Maria sebagai batas atas Kategori 4.

TRUMP: “Kami terus diberi kredit. Anda tahu, sangat baik bahwa pria yang bekerja untuk Bill Clinton, saat dia menjadi presiden, memberi kami nilai tambah A. Dan itu termasuk Puerto Riko. Memberi kami A-plus. Dan saya pikir itu sangat bagus. Dan saya pikir – saya benar-benar percaya dia benar. Kami telah melakukan pekerjaan yang sangat hebat. “- komentar setelah pertemuan Rossello

FAKTA: James Lee Witt, kepala darurat administrasi Clinton yang dikutip oleh Trump, mengatakan bahwa dia tidak pernah memberi Trump A plus untuk usaha Puerto Riko-nya karena terlalu dini untuk menghakimi mereka. Trump mungkin dimaafkan karena mengira mendapat pujian dari Witt, karena laporan yang diterbitkan menyarankannya.

Tapi Witt mengatakan dalam sebuah wawancara AP dan dalam sebuah pernyataan bahwa pujiannya hanya menganggap angin topan Harvey dan Irma. Menurutnya, administrasi Trump merespons secara efektif terhadap mereka.

Tapi Maria? “Bahkan hari ini belum ditentukan apakah respon akhir terhadap badai tersebut akan mendapatkan A, C atau F atau yang lainnya,” katanya. “Seiring berjalannya waktu, hal itu akan menjadi nyata.”