Penjualan Unilever jatuh persaingan pendek menggigit merek-merek besar

0
1916

LONDON – Unilever melaporkan penjualan kuartal ketiga yang mengecewakan telah kehilangan mangsa pasar pada pesaing yang lebih kecil, mengurangi harapan bahwa tawaran pengambil alihan yang gagal oleh Kraft Heinz akan memicu peningkatan kinerja yang cepat.

Penjualan yang mendasari naik hanya 2,6 persen, Unilever mengatakan pada hari Kamis. Itu berada di bawah pertumbuhan 3,9 persen yang diperkirakan oleh analis, dan 3 persen terlihat pada paruh pertama tahun ini.

Namun, perusahaan tersebut mengungkapkan optimisme tentang pelelangan margarin dan bisnis penyebarannya yang menyusut, yang secara resmi dimulai bulan lalu. Tawaran putaran pertama, diperkirakan mencapai sekitar $ 8 miliar, jatuh tempo pada hari Kamis, menurut sumber yang mengetahui masalah tersebut.

Saham Unilever turun 5 persen, naik sepertiga sejak tawaran pengambilalihan Giordin yang gagal $ 143 miliar untuk pembuat es krim Magnum dan sabun Dove pada bulan Februari.

Perusahaan tersebut menyalahkan cuaca buruk di Eropa, angin topan di Amerika Serikat dan gempa bumi di Meksiko karena mengganggu penjualan. Namun, hal itu juga mengutip ancaman yang berkembang dari pesaing lokal di pasar seperti es krim A.S., di mana ia kehilangan pangsa pasar ke Halo Top, merek rendah kalori baru yang memanfaatkan permintaan untuk produk sehat dan nama khusus.

Perubahan selera konsumen tersebut, bersamaan dengan pelukan belanja online, layanan berlangganan dan rencana pengiriman rumah, menggerogoti dominasi tradisional perusahaan multinasional seperti Unilever, Nestle dan Danone.

Pesaing Swiss Nestle melaporkan penjualan kuartal ketiga yang dipercepat pada hari Kamis, namun mengatakan bahwa biaya restrukturisasi akan membebani margin.

“Hidup menjadi lebih sulit bagi raksasa barang-barang konsumen,” kata Charlie Higgins, manajer investasi di Hargreaves Lansdown, yang memiliki saham Unilever.

“Agar sukses dalam jangka panjang, Unilever perlu menyesuaikan model bisnisnya, menjadi lebih lincah dan responsif terhadap perubahan tren.”

Unilever telah melakukan 18 akuisisi sejak 2015, namun masih terus berjuang.

“Daya saing kami sedikit turun,” kata Chief Financial Officer Graeme Pitkethly. Perusahaan hanya memperoleh pangsa pasar sekitar setengah dari bisnisnya, katanya, turun dari sekitar 60 persen di tahun-tahun sebelumnya.

Penjualan bisnis margarin dan spread berjalan dengan baik, kata Pitkethly. Dia menyebut laporan media yang menyebutkan penawaran potensial dari konsorsium ekuitas swasta “menarik”.

Dia mengatakan perusahaan juga melihat ke depan untuk kemungkinan kepentingan dari pelaku industri dan mereka yang mencari eksposur ke pasar tertentu.

“Kami memiliki tiga atau empat kelompok besar di sana,” kata Pitkethly kepada Reuters mengenai dana ekuitas swasta. “Tapi kami juga tertarik untuk melihat apa yang berasal dari strategi dan … apa yang terjadi di seputar bisnis pasar berkembang kami. Ini benar-benar menarik mulai dari sekarang.”

Pitkethly mengatakan Unilever masih berencana untuk spin off bisnis, yang membuat Flora dan Stork margarin, jika tidak bisa mendapatkan harga yang baik dalam penjualan. Bankir sedang mengerjakan pembiayaan hutang hingga 5 miliar euro untuk mendukung penjualan tersebut, kata sumber perbankan.

Unilever mengangkat target profitabilitas pada bulan Juli karena berusaha membuktikannya dapat memberikan hasil jangka pendek yang lebih baik sebagai perusahaan mandiri. Hal itu memicu kekhawatiran bahwa pengeluaran pemasaran yang rendah akan melukai pertumbuhan penjualan di masa depan.

FALLING SHORT

Pitkethly mengatakan bahwa kuartal tersebut menghasilkan sekitar 150 juta euro, atau sekitar satu hari penjualan, tidak ada harapan internal.

“Kami tidak senang dengan hal itu secara keseluruhan. Sebenarnya, kami merasa kami meninggalkan beberapa lapangan di lapangan,” kata Pitkethly. Badai menyebabkan penjualan senilai satu minggu yang hilang di Texas dan Florida, pasar terbesar A.S., katanya.

Bisnis es krim Unilever, yang juga mencakup Ben & Jerry’s and Wall’s, mengalami penurunan dua digit di Eropa, dilukai oleh cuaca buruk.

Unilever telah mengurangi pengeluaran iklan dan pemasarannya sebesar 130 basis poin pada paruh pertama tahun ini, dalam upaya untuk mengurangi biaya setelah tawaran Kraft.

Dikatakan pada hari Kamis bahwa penurunan daya saingnya bukan karena belanja yang lebih rendah atau fokus pada pertumbuhan margin.
Penjualan aUnilever gagal karena persaingan menggigit merek besar
“Laju pertumbuhan yang lebih lambat menimbulkan pertanyaan apakah pemain FMCG besar pada umumnya dapat bersaing dengan pemain lokal yang lebih kecil dan lebih gesit yang meluncurkan lebih banyak produk tren,” kata analis Liberum Robert Waldschmidt.

Perputaran turun 1,6 persen, dirugikan oleh kenaikan 5,1 persen dari nilai tukar mata uang asing, kata perusahaan itu.

Perusahaan ini berdiri dengan perkiraan setahun penuh untuk pertumbuhan penjualan 3 sampai 5 persen, sebuah peningkatan dalam marjin operasi yang mendasari minimal 100 basis poin dan arus kas yang kuat. REUTERS