Rusia Menuduh Pemerintah AS Mendorong dilakukannya Pengecualian Olimpiade

0
51

Kremlin menuduh pemerintah A.S. pada hari Jumat mendorong pengecualian Rusia dari Olimpiade.

Sehari setelah Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan bahwa IOC mendapat tekanan dari A.S., juru bicaranya Dmitry Peskov mengatakan bahwa Putin berarti “negara (struktur), termasuk melalui organisasi sosial dan non-pemerintah.”

Putin mengatakan bahwa upaya tersebut bertujuan untuk memastikan Rusia dilarang masuk Olimpiade Musim Dingin tahun depan sepenuhnya atau dipaksa untuk bersaing di bawah bendera netral.

Dalam komentar di televisi pada hari Kamis, Putin mengatakan IOC bergantung pada pendapatan sponsor “dan pada gilirannya sinyal yang jelas diberikan kepada sponsor oleh badan-badan Amerika tertentu. Kami tidak hanya menebak-nebak hal ini, kami tahu tentang hal itu.”

Hilang Olimpiade atau berlaga karena netral akan “merendahkan” untuk Rusia, Putin menambahkan, dan menyarankan hal itu mungkin akan ikut campur dalam pemilihan presiden Rusia pada bulan Maret. Putin secara luas diperkirakan mencalonkan diri untuk pemilihan ulang namun belum mengkonfirmasi hal itu.

“Jika seseorang berpikir bahwa dengan cara ini mereka dapat mempengaruhi kampanye pemilihan di Rusia pada musim semi tahun depan, maka mereka sangat bingung,” kata Putin.

Rusia sudah berada di bawah penyelidikan IOC atas tuduhan-tuduhan itu mengoperasikan program doping yang didukung negara termasuk menukar sampel kotor di laboratorium pengujian obat untuk Olimpiade Musim Dingin 2014 di Sochi, Rusia.

Baik Putin maupun Peskov tidak menentukan badan pemerintah A.S. mana yang spesifik yang mungkin terlibat dalam dugaan tekanan IOC tersebut.

Badan Anti-Doping AS, badan non-pemerintah yang menerima sebagian dari dana dari pemerintah AS, termasuk di antara satu kelompok dari 37 lembaga pengujian obat nasional yang meminta agar Rusia dilarang mengikuti Olimpiade, yang dimulai pada bulan Februari 9 di Pyeongchang, Korea Selatan.

IOC mengatakan bahwa penyidiknya berharap untuk memiliki “sejumlah” kasus doping yang melibatkan orang-orang Rusia di Olimpiade Sochi diselesaikan pada akhir November, namun mereka tidak memiliki rencana untuk mendikte kelayakan atlet ini untuk Pyeongchang.

Usulan Putin tentang campur tangan A.S. dalam pemilihan Rusia terjadi di tengah penyelidikan di A.S. mengenai dugaan adanya campur tangan dalam pemilihan presiden tahun lalu. Panel khusus Senat A.S. sedang melakukan penyelidikan terhadap pengaruh Rusia dalam pemilihan 2016 dan apakah ada kaitan dengan kampanye Donald Trump.