AS: Tillerson Menyerukan Hubungan India dengan China

0
946

Menteri Luar Negeri AS Rex Tillerson mengatakan bahwa AS ingin memperdalam kerja sama dengan India dalam menghadapi pengaruh China yang berkembang di Asia.

Dia menggambarkan India sebagai “mitra” dalam “hubungan strategis”, menambahkan bahwa AS “tidak akan pernah memiliki hubungan yang sama dengan China, sebuah masyarakat non-demokratis”.

Dia mengatakan Beijing kadang-kadang bertindak di luar konvensi internasional, dengan alasan perselisihan Laut Cina Selatan sebagai contoh.

Komentarnya datang menjelang kunjungannya ke India minggu depan.

Sementara itu, Presiden Donald Trump akan mengunjungi sejumlah negara Asia termasuk China, pada November.

Berbicara di thinkulat Pusat Penelitian Strategis dan Internasional di Washington, Mr Tillerson mengatakan “Amerika Serikat mencari hubungan yang konstruktif dengan China, namun kami tidak akan mengurangi tantangan China terhadap tatanan berbasis peraturan dan di mana China merubuhkan kedaulatan negara-negara tetangga dan kerugian AS dan teman kita “.

Dia juga menggambarkan AS dan India sebagai “mitra global” yang “tidak hanya berbagi kedekatan dengan demokrasi. Kami berbagi visi masa depan.”

Sekretaris pidato negara tersebut datang beberapa jam setelah pidato Presiden China Xi Jinping di kongres Partai Komunis China, di mana Xi memberi isyarat bahwa Beijing bermaksud memainkan peran lebih besar dalam urusan dunia.

Xi mengatakan bahwa China sekarang “menjadi kekuatan besar di dunia”, dan bahwa pertumbuhan China di bawah pemerintahan Komunis telah memberi “pilihan baru” kepada negara-negara berkembang lainnya.

Namun, dalam pidatonya pada hari Rabu, Mr Tillerson mengkritik “tindakan provokatif China di Laut Cina Selatan”, dengan mengatakan bahwa mereka secara langsung menantang “hukum dan norma internasional yang Amerika Serikat dan India tetapkan”.

“China, sementara naik di samping India, telah melakukannya dengan kurang bertanggung jawab, kadang-kadang merongrong tatanan berbasis aturan internasional,” tambahnya.

Dia meminta India untuk memainkan peran keamanan yang lebih besar di wilayah tersebut, dengan mengatakan “India dan Amerika Serikat harus menjalankan bisnis untuk memperlengkapi negara-negara lain untuk mempertahankan kedaulatan mereka … dan memiliki suara yang lebih keras dalam arsitektur regional yang mempromosikan kepentingan mereka dan mengembangkan ekonomi mereka. ”

Setelah pidato Mr Tillerson, Kedutaan Besar China di Washington mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa Beijing “tidak akan pernah mencari hegemoni atau melakukan ekspansi, tidak pernah mengejar pembangunan dengan mengorbankan kepentingan orang lain”.

Ditambahkan bahwa China “berkontribusi dan mempertahankan tatanan dunia berbasis aturan”.