8 Tip Pintar untuk Berhasil Mengelola Stres

0
337

Pengurangan stres merupakan bagian penting dari gaya hidup sehat, sama seperti diet dan olahraga. Tip ini akan membantu Anda menjaga tingkat stres Anda terkendali.

Saat Anda stres, kepala Anda mungkin mulai sakit, atau Anda mungkin merasa mual, pusing, atau hanya merasa kewalahan. Stres dapat memiliki dampak besar pada setiap aspek kehidupan Anda, sehingga pengurangan stres diperlukan untuk menjaga kesehatan fisik dan emosional Anda. Karena Anda tidak bisa begitu saja berharap stres, mengelola stres adalah keterampilan penting untuk berkembang.

Apakah Anda mengalami situasi stres yang tiba-tiba, seperti masalah utama di tempat kerja atau krisis di rumah yang perlu ditangani segera, memiliki rencana untuk stres di tempat adalah ide bagus, kata Larry Kubiak, PhD, seorang psikolog dan direktur layanan psikologis di pusat kesehatan perilaku Tallahassee Memorial Healthcare di Florida. “Stres dapat terjadi kapan saja atau di tempat, dan kami melakukan yang terbaik bila ada alat yang siap menghadapinya,” dia menjelaskan.

Jika itu adalah masalah mendesak yang memerlukan perhatian segera Anda, mengelola stres itu penting agar Anda bisa berpikir jernih. Hal yang sama berlaku untuk kekhawatiran yang terus berlanjut dan mengganggu tentang pekerjaan, kesehatan, keuangan, atau anggota keluarga Anda yang menciptakan penumpukan stres yang mantap. “Kenali hal-hal yang tersedia bagi Anda dalam waktu singkat sehingga Anda bisa memanfaatkannya, seperti mendengarkan musik, berjalan kaki sebentar, atau citra terpandu,” kata Dr. Kubiak.

Cobalah tip berikut untuk membantu Anda mengurangi stres secara umum dan juga pengalaman kecemasan yang menimbulkan kecemasan.

1. Langkah Kembali dan Letakkan Masalah dalam Perspektif

Mungkin Anda kecewa karena Anda tidak mendapatkan promosi untuk Anda atau khawatir uang itu sedikit ketat bulan ini karena tagihan medis yang tidak terduga. Merasa stres adalah reaksi alami. Tapi coba luangkan waktu mundur dan tanyakan pada diri sendiri: Akankah masalah ini masih penting dalam setahun? Dalam lima tahun? Jika jawabannya tidak, ambil napas dalam-dalam dan cobalah bergerak maju. Menjaga hal-hal dalam perspektif sangat penting untuk mengelola stres.

2. Daftar Beberapa Solusi dan Datang Dengan Rencana

Jika ada masalah spesifik yang perlu diperbaiki, buat daftar semua solusi yang mungkin dan pilih yang terbaik untuk situasi Anda. Menyadari bahwa Anda memiliki pilihan dan datang dengan rencana konkret akan memiliki efek langsung pada pengurangan stres. “Pecahkan tugas menjadi bagian yang lebih kecil sehingga Anda bisa mencoba mencapai apa yang Anda butuhkan dalam satu jam, satu hari dan kemudian minggu depan jadi masalahnya menjadi lebih mudah diatur,” saran Kubiak.

3. Terima Hal-hal itu di Luar Kontrol Anda

Beberapa keadaan berada di luar kendali kita, dan kita harus belajar mengatasi dan menerimanya. Untungnya, Anda memiliki kendali atas bagaimana Anda bereaksi terhadap situasi yang penuh tekanan. Tetap tenang dan bersedia menerima dukungan emosional dari orang lain dapat membantu dalam mengelola stres.

4. Beri Diri Anda Istirahat untuk Bersantai dan Isi Ulang

Stres harian dapat merayap pada Anda sebelum Anda menyadarinya, jadi manjakan diri Anda setidaknya pada satu aktivitas santai setiap hari. Mendengarkan musik, bermeditasi, menulis di jurnal, atau menikmati mandi busa yang menenangkan adalah cara yang bagus untuk bersantai dan menghilangkan stres. “Meditasi memungkinkan kita untuk membersihkan pikiran kita dan dapat melihat sesuatu dalam perspektif yang lebih realistis,” catatan Kubiak. Mengambil waktu untuk diri sendiri penting untuk mencegah dan mengelola stres.

5. Cobalah untuk Mendapatkan Beberapa Latihan Reguler Setiap Hari

Latihan adalah salah satu metode terbaik untuk mengatasi stres karena dapat meringankan efek stres fisik dan emosi. Pertimbangkan pilihan kebugaran yang juga memberikan efek pengurangan stres spesifik seperti yoga, tai chi, pilates, atau salah satu seni bela diri, semua cara bagus untuk menyingkirkan stres dan negatif yang terpendam. “Latihan dapat membantu mengatur dan menghilangkan secara produktif cara-cara ‘melawan atau melegakan’ stres zat kimia di otak,” kata Kubiak.

6. Terbuka untuk Orang dan Ekspresikan Perasaan Anda

Jika ada sesuatu yang mengganggumu, jangan menyimpannya untuk dirimu sendiri. Bicaralah dengan orang yang Anda percayai, seperti teman, keluarga, atau rekan kerja, tentang apa yang ada dalam pikiran Anda. Bahkan jika Anda tidak mencari saran khusus, biasanya terasa menyenangkan hanya untuk mengungkapkan perasaan Anda ke tempat terbuka.

7. Tetapkan Harapan yang Wajar dalam Kehidupan Sehari-hari Anda

Menjadi sibuk kadang-kadang tidak bisa dihindari, tapi secara teratur mengkonsumsi lebih dari yang bisa Anda atasi dapat menyebabkan stres yang tidak diinginkan dan tidak diinginkan. Katakan pada diri sendiri bahwa tidak apa-apa jika mengatakan tidak pada kegiatan di sekolah anak Anda atau proyek ekstra di tempat kerja – Anda tidak diwajibkan untuk menerima setiap permintaan yang Anda lakukan. Selain itu, jangan mengambil lebih banyak tanggung jawab keuangan – seperti mobil baru atau rumah yang lebih besar – jika Anda pikir mereka akan menjadi peregangan. Menjadi realistis tentang keuangan Anda adalah strategi penting untuk mengelola stres.

8. Selesaikan Isu Sebelum Mereka Menjadi Krisis

Ini adalah sifat manusia untuk menghindari topik dan keadaan yang tidak menyenangkan, namun jika Anda khawatir dengan situasi pembuatan bir, apakah sedang bekerja atau di rumah, atasi lebih awal agar tidak menjadi lebih serius, sulit dipecahkan, dan lebih membuat Anda stres. Masalah selalu lebih mudah ditangani sebelum berkembang menjadi bencana yang penuh sesak.

Semua orang merasa stres – tidak mungkin menghindarinya sepanjang waktu. Tetapi adalah mungkin untuk tetap mengendalikan stres dengan menetapkan harapan yang realistis pada diri Anda sendiri, belajar bagaimana menjaga masalah dalam perspektif, dan menikmati istirahat santai dari tuntutan hidup sehari-hari.