Apple Menunda Peluncuran Smart Speaker

0
1153

Apple menunda rilis speaker pintar HomePod hingga 2018.

Raksasa elektronik tersebut mengatakan perangkat tersebut, yang akan dirilis pada bulan Desember tahun ini, masih membutuhkan pengembangan.

Dikatakan HomePod akan siap untuk dijual di rak-rak toko di AS, Inggris dan Australia “awal tahun 2018”.

Berita tersebut merupakan pukulan bagi rencananya untuk menghadapi saingan Amazon dan Google di pasar berkembang untuk perangkat rumah yang menggunakan AI untuk membantu konsumen.

‘Tidak mengherankan’

Dalam sebuah pernyataan yang dikirim ke organisasi berita, Apple mengatakan bahwa speaker nirkabel tersebut membutuhkan “waktu sebelum siap untuk digunakan pelanggan kami”.

Penundaan ini akan berarti Apple merindukan musim liburan yang menguntungkan dimana banyak konsumen membeli gadget sebagai hadiah.

Gadget ini pertama kali diluncurkan pada bulan Juni tahun ini ketika Apple mengatakan akan mulai dijual di AS seharga $ 349 (£ 265). Di Inggris diperkirakan harganya 350 poundsterling.

Ini dirancang untuk menjadi pesaing bagi perangkat cerdas lainnya – seperti Echo Amazon dan Asisten Google. Sonos, Microsoft dan lainnya juga membuat gadget serupa.

HomePod dirancang untuk bermain musik dan bertindak sebagai pembantu handsfree membiarkan pemilik mengatur timer, mengurus daftar belanja dan mendapatkan laporan tentang berita, cuaca dan kegunaan lainnya.

Sejak Apple meluncurkan HomePod baik Google dan Amazon telah menambahkan model baru ke jajaran speaker cerdas mereka, meningkatkan persaingan dengan Apple.

Menulis di Engadget, editor asosiasi Jon Fingle mengatakan bahwa penundaan tersebut “tidak mengherankan” mengingat bahwa HomePod adalah percobaan pertama Apple pada sebuah perangkat yang cerdas.

“HomePod tidak dalam masalah,” katanya. “Tapi itu mungkin akan menghadapi pertempuran yang lebih berat daripada sebelumnya.”