Asteroid Interstellar Pertama Kali Telah Diberi Nama

Asteroid pertama yang diketahui mengunjungi Tata Surya kita dari ruang antar bintang telah diberi nama.

Para ilmuwan yang telah mempelajari kecepatan dan lintasannya percaya bahwa itu berasal dari sistem planet di sekitar bintang lain.

Interloper antar bintang sekarang akan disebut sebagai ‘Oumuamua, yang berarti “utusan dari kejauhan yang tiba lebih dulu” di Hawaii.

Nama tersebut mencerminkan penemuan benda itu oleh astronom yang berbasis di Hawaii menggunakan observatorium di Maui.

Ini ditemukan pada tanggal 19 Oktober tahun ini oleh Rob Weryk, seorang peneliti postdoctoral di University of Hawaii Institute for Astronomy.

Weryk dan rekannya Institute for Astronomy, Marco Micheli menyadari bahwa ini bergerak sangat cepat (dengan kecepatan yang cukup untuk menghindari tertangkapnya tarikan gravitasi Matahari) dan berada dalam lintasan yang sangat eksentrik membawanya keluar dari Tata Surya kita.

Para ilmuwan yang telah melakukan pengamatan terhadap ‘Oumuamua, mengatakan bahwa meskipun asal-usulnya yang eksotis, asteroidnya sudah tidak asing lagi dalam penampilannya.

Dalam sebuah makalah yang diajukan ke Astrophysical Journal Letters, mereka berpendapat bahwa ukuran, rotasi, dan warna kemerahannya serupa dengan asteroid di Tata Surya kita.

“Hal yang paling luar biasa tentang [‘Oumuamua] adalah bahwa, kecuali bentuknya yang familiar dan tidak biasa secara fisik,” kata co-author Jayadev Rajagopal dari Observatorium Astronomi Optik Nasional AS (NOAO).

Jika planet terbentuk di sekitar bintang lain dengan cara yang sama seperti yang mereka lakukan di Tata Surya, banyak benda berukuran ‘Oumuamua diperkirakan akan tersusun dalam prosesnya.

“U1 dapat merupakan bukti langsung pertama bahwa sistem planet di sekitar bintang lain mengeluarkan benda saat mereka terbentuk,” kata Dr Rajagopal.

Objek tersebut juga diberi sebutan formal 1I / 2017 U1 oleh International Astronomical Union (IAU), yang bertanggung jawab untuk menamai benda langit.

“I” dalam nama resmi ini mewakili objek “antar bintang”, mirip dengan “C” dan “A” dalam sebutan komet dan asteroid.

‘Oumuamua adalah objek pertama yang membawa “I” di depan namanya.