Kehidupan mewah anak-anak Mugabe, mobil dan jam-jam mahal, di tengah kemiskinan rakyat Zimbabwe

0
1526

Mobil-mobil, baju-baju dan jam mewah dipamerkan anak-anak Robert Mugabe melalui media sosial di tengah tingginya angka kemiskinan di negara itu.

Foto-foto kehidupan mewah anggota keluarga dan juga lingkaran dalam Mugabe banyak diangkat setelah ia mundur Selasa (22/11), langkah yang disambut rakyat di jalan-jalan ibu kota Harare.

Dua putranya, Robert Mugabe Junior, 25, dan Chatunga Mugabe, 21, sering memamerkan mobil-mobil, jam-jam dan baju mahalnya melalui media sosial di tengah tingginya angka kemiskinan di negara itu.

Mantan ibu negara, Grace Mugabe yang mendapat nama julukan “Gucci Grace”, juga dikenal menghamburkan uang untuk belanja barang-barang merah.

Orang-orang yang pamer kekayaan ini termasuk apa yang disebut “para nabi”, para pengkhotbah gereja yang juga memamerkan mobil mewah dan uang dolar.

Inilah anak-anak Mugabe dan orang-orang di lingkungan dalam yang pamer kekayaan di media sosial.

Chatunga menyiram jam mahal dengan sampanye

Dua putra Mugabe, Robert dan Chatunga, memang tak segan-segan memamerkan kehidupan mewahnya.

Chatunga, putra bungsu Mugabe, baru-baru ini mengunggah foto dengan jam mahal dengan keterangan, “US$60.000 di tangan kalau ayahmu memimpin seluruh negara, tahu!!!”

Namun unggahan itu segera ditanggapi begitu Mugabe mundur. “Hidup berubah cepat,” cuit seorang pengguna menanggapi unggahan itu.

Tak lama kemudian muncul unggahan video dengan Chatunga menyiram jamnya dengan sampanye Armand de Brignac seharga US$400.

Akun Instagram Chatunga sendiri dengan unggahan terakhir tanggal 18 Agustus lalu dibanjiri makian.

Salah satu tanggapan unggahan menyiram jam itu dicuitkan wartawan di Afrika Selatan, Peter Nodor yang menulis, “Saat Grace Mugabe berupaya menjadi wakil presiden, putra-putranya membuang uang pembayar pajak dari botol.”

Putra-putra Mugabe ini sempat mengunggah rekaman video ayahnya pada hari Minggu (19/11) dan menyatakan “Bangga pada ayah…dan pemimpin revolusioner tak bisa dipecat. Zanu PF (partai yang berkuasa) tak ada artinya tanpa Presiden Mugabe.”

Zanu PF memutuskan untuk memecat Mugage hari Minggu lalu dan direncanakan akan digantikan oleh mantan Wakil Presiden Emmerson Mnangagwa.

Robert Mugabe Junior dengan mobil batman

Dua putra Mugage ini hidup mewah di Afrika Selatan dan ibunya Grace sempat mendapat masalah Agutus lalu setelah diduga memukul seorang model yang menemati putra-putranya.

Grace Mugabe harus diberikan kekebalan diplomatik untuk meninggalkan negara itu setelah polisi mengatakan akan menangkapnya.

Robert Mugabe Junior mengunggap foto-foto sepatu yang diperkirakan berhaga sekitar US$17.000.

Ia juga dilaporkan memiliki mobil pesanan sendiri yang mirip dengan Batmobile (mobil yang dipakai dalam film Batman).

“Anak-anak orang superkaya Zimbabwe yang pamer kekayaan termasuk putra Robert Mugabe yang punya Batmobile (seperti mobil yang dipakai dalam film Batman) sementara rakyat hidup dalam kemiskinan di bawah kepemimpinan ayahnya,” tulis satu pengguna.

Bulan September lalu, putra tertua Grace, Russell Goreraza, 33, dari perkawinan terdahulu mengimpor dua limusin Roll Royce ke Zimbabwe.

“Saat putra Grace Mugabe mengagumi mobil-mobil mewahnya, menteri kesejahteraan mengatakan lebih dari 72,3% penduduk hidup dalam kemiskinan,” cuit wartawan Peter Ndoro.