Pengacara Mencari Gugatan Kelompok Atas Dugaan Perlakuan Asusila

0
996
gavel

Uber menghadapi proses pengadilan kelompok atas praktik keselamatannya setelah melakukan pengaduan tentang serangan seksual yang dilakukan oleh pengemudi.

Dikatakan perusahaan tersebut telah menolak perubahan, seperti pemeriksaan latar belakang yang lebih ketat, yang akan meningkatkan keselamatan penumpang.

Seorang juru bicara Uber mengatakan: “Tuduhan ini penting bagi kami dan kami menganggapnya sangat serius.”

Gugatan tersebut diajukan oleh dua wanita tanpa nama, termasuk seorang wanita Florida yang menurut polisi diperkosa oleh seorang sopir Uber setelah membawanya pulang.

Firma hukum yang menangani kasus ini, Wigdor, berusaha memperluasnya menjadi proses pengadilan kelompok – sebuah gugatan class action.

Ia ingin mewakili individu yang menderita penganiayaan di tangan pengemudi, yang diperkirakan bisa melebihi 100 orang.

“Uber harus membuat perubahan drastis untuk mencegah pengendara wanita lain dari bahaya,” kata Jeanne Christensen, seorang rekan di Wigdor.

Masalah lama

Wigdor mengajukan tuntutan serupa atas nama dua perempuan pada tahun 2015, yang kemudian diselesaikan. Banyak perempuan telah maju tahun ini.

Tahun lalu, firma tersebut menyelesaikan setidaknya dalam dua kasus karena klaim keamanannya, termasuk yang dibawa oleh jaksa di Los Angeles dan San Francisco.

Firma bulan ini mengumumkan akan menyumbangkan $ 5 juta selama lima tahun kepada organisasi yang bekerja untuk mencegah kekerasan seksual.

Dikatakan Uber telah mengungguli regulator dengan mengklasifikasikan dirinya sebagai perusahaan teknologi namun pada dasarnya adalah perusahaan taksi dengan supir yang harus diperhatikan pegawainya.

“Perintah pengadilan diperlukan untuk memaksa perubahan yang seharusnya dilakukan Uber secara sukarela,” katanya.

Seorang juru bicara Uber mengatakan: “Uber menerima keluhan ini hari ini dan kami sedang dalam proses meninjaunya. Tuduhan ini penting bagi kami dan kami menganggapnya sangat serius.”