Pengambilalihan Zimbabwe: Lima hal yang harus Anda ketahui

0
1525

Seiring dunia menunggu untuk melihat apa yang akan dilakukan militer Zimbabwe selanjutnya setelah merebut kendali negara dan menahan Presiden Robert Mugabe, kami melihat beberapa hal penting yang harus Anda ketahui tentang negara ini dan situasi saat ini.

1. Perekonomian berantakan
Zimbabwe telah pergi dari satu krisis ekonomi ke krisis lainnya selama dekade terakhir. Perkiraan tingkat pengangguran di negara tersebut berbeda-beda, namun serikat pekerja terbesar di negara itu mengklaim tingkat pengangguran setinggi 90% awal tahun ini.
Zimbabwe telah berjuang melawan hiperinflasi, yang mencapai puncaknya pada tahun 2008. Negara tersebut terpaksa meninggalkan mata uangnya sendiri pada tingkat Z $ 35 kuadriliun menjadi US $ 1, dengan menggunakan uang asing.
Karena kekurangan uang keras yang terus meningkat, pemerintah mengeluarkan versi dolar mereka sendiri yang disebut obligasi, namun mereka telah kehilangan nilainya dengan cepat.


Orang dengan uang yang tersimpan secara elektronik di bank tidak dapat mengaksesnya, atau tunduk pada batasan ketat mengenai apa yang dapat mereka tarik. Karena itu, kripto-mata uang yang diperdagangkan online telah meningkat dalam popularitas. Menyusul kabar pengambilalihan militer, harga Bitcoin di Harare melonjak pada hari Rabu.

2. Mugabe telah kontroversial untuk beberapa waktu
Pemimpin berusia 93 tahun itu telah mengacaukan kritiknya dengan tetap berkuasa selama ini. Terkadang dipecat sebagai tokoh kartun di luar negeri, dia dipandang di Zimbabwe, setidaknya awalnya, sebagai pahlawan revolusioner yang berjuang melawan peraturan minoritas kulit putih.


Tapi dia dan pendukungnya menggunakan kekerasan untuk tetap memegang kekuasaan dengan ketat, menggunakan mesin negara untuk memperkuat partainya dan dirinya sendiri. Pestanya mengatakan bahwa hal itu melawan kapitalisme dan kolonialisme, namun masalah ekonomi negara tersebut telah menguji bahkan pendukungnya yang paling bersemangat sekalipun. Dia sering mengatakan bahwa dia hanya akan mundur saat “revolusi” -nya selesai, tapi juga ingin memilih penggantinya – sesuatu yang mungkin menyebabkan krisis saat ini karena kesehatan presiden tampaknya gagal.

3. Negara memang memiliki oposisi
Sejak Mugabe pertama kali berkuasa sebagai perdana menteri dalam pemilihan kemerdekaan yang diawasi oleh 1980-an, telah terjadi tentangan terhadap pemerintahannya. Dia mengubah konstitusi untuk menjadikan dirinya presiden pada tahun 1987. Pada tahun 1999 kelompok oposisi Gerakan untuk Perubahan Demokratis (MDC) dibentuk, dan demonstrasi dan pemogokan umum menjadi lebih terlihat saat ekonomi gagal.


Selain kekerasan di negara bagian, dia berhasil mempertahankan kekuasaannya dengan mengalahkan musuh-musuh politiknya dan menyingkirkan sekutu-sekutunya yang kuat. Mantan Wakil Presiden Emmerson Mnangagwa adalah yang terbaru untuk dipecat.
Langkah baru Mugabe untuk mempersenjatai istrinya Grace sebagai pengganti potensial terlihat telah bergerak terlalu jauh.

4. Setiap pemimpin baru mungkin bukan sebuah perubahan besar
Jika Mr Mnangagwa yang digulingkan itu kembali untuk menggantikan Mugabe sebagai presiden, kepercayaannya tidak terlalu berbeda.
Seorang veteran perang kemerdekaan lainnya, dia telah dianggap sebagai penghubung utama antara tentara, badan intelijen dan partai Zanu-PF. Dia telah dituduh mendalangi kekejaman dalam perang sipil dan serangan terhadap pendukung oposisi.
Dalam empat dekade terakhir, negara ini didominasi oleh veteran dan militer terlihat telah melakukan intervensi untuk mempertahankan status quo tersebut.

5. Masih mungkin Mugabe tetap berkuasa


Seperti dicatat, orang-orang yang dipuji untuk mengambil alih dari Mugabe tidak harus secara radikal berbeda darinya dalam ideologi politik.
Dalam sebuah pernyataan di televisi, militer mengatakan bahwa pihaknya telah mengendalikan sementara untuk “menargetkan penjahat” di sekitar kepala pemerintahannya, bukan Mugabe sendiri.
Ada kemungkinan dia bisa dibiarkan berkuasa pada akhir ini, mungkin setelah Mr Mnangagwa dipekerjakan kembali sebagai wakil presiden dan sebuah rencana suksesi yang terbentuk. Atau dia bisa dijaga sebagai figur seremonial sementara yang lain mengendalikan urusan negara secara lebih langsung.