Rusia, Suriah Mengatakan Presiden Membahas Resolusi Politik Suriah

0
224

Suriah dan Rusia mengungkapkan pada hari Selasa sebuah pertemuan antara Presiden Bashar al-Assad dan Presiden Vladimir Putin di Sochi, mengatakan bahwa para pemimpin mendiskusikan kebutuhan untuk fokus pada resolusi politik untuk konflik Suriah.

Laporan dari kantor berita Kremlin dan Suriah SANA mengatakan bahwa Putin menggambarkan operasi militer di Suriah menjelang akhir dan memberi selamat kepada Assad dalam sebuah perjuangan yang berhasil melawan teroris.

Assad, yang menurut media Rusia berada di Sochi sekitar empat jam Senin, mengatakan bahwa dia yakin keadaan perang memungkinkan para pemimpin untuk mengharapkan kemajuan di bidang politik.

Pemimpin Suriah itu terakhir berada di Rusia dua tahun lalu saat pasukan Rusia melancarkan operasi militer di Suriah yang membantu menopang pasukannya.

Kremlin mengatakan bahwa Putin berencana untuk mendiskusikan lebih lanjut masalah tersebut dengan Presiden AS Donald Trump dan Emir Qatar Sheikh Tamim bin Hamad al-Thani.

Putin juga akan menjadi tuan rumah Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan Presiden Iran Hassan Rouhani untuk pertemuan puncak hari Rabu di Sochi yang juga akan fokus pada proses perdamaian Suriah.

Ketiga negara tersebut telah bekerja sama dalam beberapa putaran perundingan di Astana, Kazakhstan yang menghasilkan kesepakatan untuk mendirikan empat “zona de-eskalasi” di Suriah.

Perundingan damai yang dipimpin U.N. dijadwalkan pada 28 November di Jenewa.