Asteroid Devil bakal mendekati Bumi lagi

0
1101

Asteroid Devil bakal mendekati Bumi lagi, siap-siap untuk melihat ya pemirsa

Menurut pengamatan astronom Arecibo (National Astronomy and Ionosphere Center), Puerto Rico, asteroid dengan kode nama “TB145” ini akan kembali ke Bumi pada tanggal 31 Oktober 2018, tepatnya pada hari Halloween tahun depan. Maka dari itu, asteroid ini kerap disebut dengan julukan asteroid Halloween.

Para Astronom sayangnya tidak bisa mencari tahu penyebab lebih lanjut mengapa asteroid tersebut akan kembali lagi mengorbit ke Bumi. Untuk saat ini, mereka tengah mencari asal usul dan trayek perjalanan asteroid tersebut untuk bisa mencegahnya ke Bumi.

“Meski kami tidak bisa mendeteksi kedatangannya, kami setidaknya mampu mengumpulkan data baru yang bisa membantu kami untuk mempelajari ukuran massa dari asteroid tersebut,” ujar astronom Pablo Santos-Sanz dari Institute of Astrophysics of Andalusia.

Pada saat itu, Badan Antariksa Amerika Serikat tersebut mampu mengabadikan penampakan asteroid yang sempat jarak 310 ribu mil dari Bumi. Diungkapkan, benda luar angkasa itu telah melewati Bumi dalam kecepatan 78 ribu mil per jam.

Kelly Fast, salah satu ilmuwan NASA yang tengah meneliti bentuk asteroid ini mengatakan bahwa asteroid ini bisa saja merupakan komet yang sudah mati.

“2015 TB145 kami usut telah berada di jarak sekitar 1,4 kali lipat dari jarak Bumi dengan Bulan. Berdasarkan data dari NASA Infrared Telescope Facility (IRTF), diungkap bahwa objek tersebut kemungkinan merupakan komet mati. Sedangkan dari gambar yang ditangkap teleskop kami di observatorium Arecibo, objek tersebut memiliki bentuk seperti tengkorak kepala manusia,” tuturnya.