Aplikasi editing gambar GIMP telah diperbarui dengan dukungan untuk pengeditan gradien on-kanvas.

Apa artinya? Nah, itu berarti bahwa di GIMP 2.9.8 Anda dapat men-tweak, bergerak, dan mengatur gradien langsung pada gambar atau lapisan – tidak perlu kotak dialog terpisah.

Anda bahkan dapat menambahkan (dan menghapus) penghilang warna tambahan dan memindahkannya dengan beberapa klik.

 


Fitur dan Perbaikan GIMP 2.9.8 lainnya

Perubahan penting lainnya dalam cabang pengembangan GIMP terbaru yang tidak stabil adalah Paste in Place, sebuah fitur kecil yang akan akrab bagi siapa saja yang menggunakan Inkscape.

Perintah Paste in Place membiarkan Anda menempelkan isi clipboard pada posisi yang sama persis saat disalin. Meskipun ini (jelas) tidak akan berguna bila clipboard Anda berisi URL atau file dari desktop Anda, sebaiknya berguna saat bekerja dengan banyak lapisan atau proyek yang kompleks.

Perintah tempel reguler GIMP menempatkan isinya di tengah proyek.

Perubahan GIMP 2.9.8 lainnya meliputi;

Pengeditan gradien di atas kanvas
Alat campuran baru
Perpustakaan warna lebih cepat
‘Peringatan Klip’ di Display Filter
Sikat default: “Kekerasan 050”
OpenCL dinonaktifkan secara default
Statusbar akan berkedip pada peringatan, kesalahan
Screenshot kerja (Wayland KDE)
Pemetik warna dalam aplikasi (Wayland GNOME)

Perbaikan lain dalam update terbaru yang tidak stabil ke GIMP mencakup dukungan yang disempurnakan untuk file Photoshop PSD, impor file PDF yang dilindungi kata sandi, dan dukungan untuk mengimpor file HGT milik NASA.


Instal GIMP di Ubuntu

GIMP gratis, perangkat lunak open-source. Ini tersedia untuk diunduh untuk Windows, macOS, dan Linux langsung dari situs web GIMP.

Jika Anda berada di Ubuntu Anda dapat menginstal rilis stabil saat ini (2.8.x) dari GIMP dari Ubuntu Software:

install gimp

GIMP juga tersedia untuk dipasang di Linux sebagai aplikasi Flatpak dari Flathub. Jika Anda memiliki remote Flathub yang diaktifkan di sistem Anda, Anda akan dapat menginstal aplikasi melalui Perangkat Lunak Ubuntu dengan mencari ‘GIMP’ dan mencari sumber Flathub.

Untuk menginstal rilis tidak stabil terbaru – yang adalah artikel ini – Anda harus menggunakan PPA pihak ketiga, seperti yang dikelola oleh Otto Kesselgulasch.