Konferensi Pers Tahunan Putin Bisa Menangani Suriah, Pemilu Rusia, Ukraina

0
152

Seorang juru bicara Kremlin mengatakan kepada media milik negara Rusia pada hari Rabu bahwa Presiden Vladimir Putin telah mempersiapkan “dari subuh sampai senja” untuk konferensi pers tahunannya yang dijadwalkan pada hari Kamis.

Penampilan Putin biasanya disiarkan langsung di tiga saluran televisi Rusia dan tiga jaringan radio. Topik berkisar dari perkembangan internasional hingga pertanyaan tentang kehidupan pribadi presiden.

Kemungkinan topik tahun ini adalah pengumuman Putin pada hari Senin bahwa sebagian besar pasukan Rusia di Suriah akan diizinkan untuk kembali ke rumah. Dia juga telah mengumumkan bahwa dia akan mencalonkan kembali untuk pemilihan tahun depan, yang bisa menjadikannya pemimpin Rusia terpanjang sejak Josef Stalin.

Media Rusia milik pemerintah Tass melaporkan bahwa konferensi pers tahun lalu menarik 1.437 reporter, baik asing maupun domestik.

Masalah Ukraina

Seorang reporter yang diperkirakan akan hadir di sana adalah Tsymbalyuk Romawi Ukraina, yang sejak tahun 2014 telah meminta Putin tentang keterlibatan militer Rusia di Ukraina.

Mengenakan pakaian berwarna cerah untuk menarik fasilitator yang memegang mikrofon, Tsymbalyuk pada tahun 2015 berhasil membuat Putin mengakui bahwa beberapa operator Rusia di Semenanjung Krimea adalah penasihat militer yang dikirim oleh Moskow, bukan hanya pejuang sukarela seperti yang telah dikatakan pemerintah sebelumnya.

Tsymbalyuk mengatakan kepada Radio Free Europe / Radio Liberty pada hari Rabu bahwa dia merasa frustrasi karena pertanyaannya tidak berbuat banyak untuk mengubah situasi di negaranya, Ukraina. Namun dia mengatakan akan hadir pada hari Kamis, dipersiapkan dengan sebuah pertanyaan tentang menyerahkan perbatasan timur Ukraina kembali ke kontrol pemerintah Kyiv.

Dia juga mengatakan bahwa ekspektasinya tidak tinggi, karena selama bertahun-tahun, Putin konsisten dalam satu aspek.

“Dia akan menjawab bagaimanapun dia mau,” kata Tsymbalyuk kepada Radio Free Europe. “Anda tidak bisa menang dalam argumen ini.”