Pertukaran Bitcoin Terhadap Youbit Ditutup Setelah Serangan Hack Kedua

0
1075

Pertukaran mata uang kripto di Korea Selatan ditutup setelah di-hack untuk kedua kalinya dalam waktu kurang dari delapan bulan.

Youbit, yang memungkinkan orang membeli dan menjual bitcoin dan mata uang virtual lainnya, telah mengalami kebangkrutan setelah kehilangan 17% asetnya dalam serangan cyber tersebut.

Itu tidak mengungkapkan berapa banyak aset berharga pada saat serangan itu terjadi.

Pada bulan April, Youbit, yang sebelumnya bernama Yapizon, kehilangan 4.000 bitcoin sekarang senilai $ 73m (£ 55m) atas serangan tersebut.

Crime Wave

South Korea’s Internet and Security Agency (Kisa) yang menyelidiki kejahatan dunia maya, mengatakan telah memulai penyelidikan bagaimana pencuri mendapatkan akses ke inti sistem.

Tidak ada informasi yang dirilis tentang siapa yang mungkin berada di balik serangan Youbit terbaru.

Dalam sebuah pernyataan, Youbit mengatakan bahwa pelanggan akan mendapatkan kembali sekitar 75% dari nilai mata uang kripto yang mereka ajukan dengan pertukaran tersebut.

Youbit “sangat menyesal” bahwa layanannya terpaksa ditutup.

Bursa menambahkan bahwa para hacker tidak berhasil mencuri semua uang digital  karena banyak yang berada dalam “cold wallet” – sebuah pelayanan aman yang digunakan untuk menyimpan aset yang tidak diperdagangkan.

Youbit adalah salah satu bursa kecil yang aktif di Korea Selatan. Mayoritas perdagangan Bitcoin di negara ini dilakukan di bursa Bithumb yang memiliki pangsa pasar 70%.

Semakin banyaknya penjahat dunia maya telah mencoba menguangkan  mata uang virtual seperti Bitcoin. Banyak yang telah menciptakan malware yang berusaha menggunakan komputer korban untuk membuat atau “menambang” mata uang berharga. Yang lainnya hanya menyerang bursa dan perusahaan jasa kripto-uang untuk mendapatkan sejumlah besar bitcoin sekaligus.

Awal bulan ini, hacker berhasil lolos dengan lebih dari $ 80 juta pada bitcoin dari NiceHash, sebuah bursa pertambangan berbasis Slovenia.