‘Puncak kemacetan’ jelang Natal, tol Cikampek padat

0
63

Tol Cikampek yang merupakan salah satu akses lalu lintas menuju atau keluar Jakarta dari dan ke kawasan pantai utara (Pantura) dan kota-kota lain di Jawa Barat terlihat mulai padat, Jumat (22/12) pagi.

Pengelola tol Cikampek, PT Jasa Marga (Persero), memperkirakan Jumat pekan ini akan menjadi puncak kemacetan pada liburan natal 2017.

Pusat informasi Jasa Marga menyebut pada pukul 10.00 WIB tadi kepadatan terjadi di area Cibatu – Bekasi Barat. Penyebabnya adalah penyempitan di sekitar lajur proyek tol.

Sementara itu, kepadatan lalu lintas juga terjadi di Cikunir arah Cibitung, jelang Cikarang Utama dan Cikarang Pusat.

Hal serupa juga dilaporkan Traffic Management Center Polda Metro Jaya. Di KM 34 arah Cikampek terpantau padat merayap.

Sebelumnya, Kamis (21/12) kemarin, Corporate Secretary Jasa Marga Agus Setiawan mengatakan, peningkatan kendaraan terbesar di Cikampek akhir pekan ini akan terjadi di Gerbang Tol (GT) Cikarang Utama.

Agus berkata, volume kendaraan di gerbang tol itu akan bertambah sekitar 32% menjadi 103 ribu kendaraan. Pada hari normal, kendaraan yang melalui gerbang itu mencapai 78 ribu.

Menurut Agus, Jasa Marga akan proyek pembangunan di ruas Cikampek akan dihentikan sementara hingga musim libur Natal berakhir.

Seluruh kendaraan berat, kecuali pengangkut bahan bakar minyak, ternak, ekspedisi, juga dilarang melintas Cikampek pada 22 dan 23 Desember, serta pada arus balik pada 29 dan 30 desember.

Berdasarkan kalkulasi pemandu tol Jasa Marga, perjalanan dari Gerbang Kuningan 1 menuju Gerbang Cikampek yang berjarak 98,6 kilometer diperkirakan menghabiskan tiga jam.

Sedangkan dari Gerbang Kuningan 1 menuju Gerbang Pasteur sejauh 164 kilometer diperkirakan membutuhkan 5 jam.

Sumber : bbc.com