Australia Terbuka: Roger Federer mengalahkan Tomas Berdych dan melaju ke semifinal

0
1022

Juara bertahan Roger Federer mencapai semifinal Australia Terbuka ke-14 dengan kemenangan straight set atas Tomas Berdych.

Unggulan kedua Federer, 36, mengalahkan unggulan keenam asal Ceko 7-6 (7-1) 6-3 6-4 di sesi malam Rod Laver Arena.

Itu adalah pertemuan ke-10 mereka di Grand Slam, dan kemenangan kedelapan bagi pemain Swiss itu.

Federer terus menghadapi petenis berusia 23 tahun Hyeon Chung dari Korea Selatan dalam empat pertandingan terakhir pada hari Jumat.

Petenis Inggris Kyle Edmund membawa unggulan keenam Marin Cilic dari Kroasia pada semifinal pertama pada pukul 08:30 GMT pada hari Kamis.

Kemenangan terakhir Federer atas Berdych adalah kemenangan straight set di semifinal Wimbledon tahun lalu, dan dia menang lagi dengan cara yang sama untuk mencatat rekor karirnya melawan petenis Ceko itu menjadi 20-6.

Berdych, 32, membuat awal yang kuat, memanfaatkan Federer yang kalah mengejutkan untuk maju unggul 3-0, dan bertugas untuk set di kedudukan 5-3.

Satu set point hilang, bagaimanapun Federer adalah federer, pada saat reklamasi jeda kesempatan keempat, meski ada pertengkaran dengan wasit Fergus Murphy atas Hawkeye.

Berdych memiliki kesempatan kedua untuk merebut posisi tersebut saat Federer melakukan kesalahan dua kali secara beruntun.

Federer tidak membutuhkan pertolongan lagi saat ia berlari melewati tie-break, menyegelnya dengan pukulan tajam.

Petenis Swiss itu membuat langkah yang menentukan di set kedua pada 4-3, menyingkirkan backhand indah pada pojok sisi kanan lapangan lawan.

Dengan set kedua dibungkus beberapa saat kemudian, Berdych menuju lapangan untuk perawatan di punggungnya, namun tidak menunjukkan tanda-tanda cedera saat kembali.

Federer memberinya cukup banyak masalah, petenis Swiss bahkan menguasai jalur saat ia membobol 1-1 di set ketiga.

Petenis nomor dua dunia itu berhenti di tengah reli untuk menantang bola di dekat garis dasar dan terbukti benar satu milimeter saat Hawkeye memberikan hasilnya.

Berdych akan melakukan service terakhir dengan pukulan forehand yang tajam namun setelah Federer berhasil mematahkan tiga jeda berturut-turut dengan backhand yang brilian, dia tidak akan membiarkan orang Cheska kembali masuk.

“Saya berkeliaran, sedikit beruntung, sedikit marah, frustrasi, mungkin di wasit, tapi sebenarnya saya pikir panggilannya bagus kok!” kata Federer.

“Saya hanya frustrasi dan sedikit gelisah, saya senang bisa keluar dari set pertama, akhirnya menjadi kunci pertandingan, Tomas hebat.”