Kapal Tanker Sunken Sanchi: Lapisan Minyak Terlihat, Kata Pemerintah China

0
1185

Tumpahan minyak dari sebuah kapal tanker Iran yang tenggelam di China telah menyebar ke dalam empat lapisan minyak terpisah yang mencakup area seluas 100 km persegi, kata pemerintah China.

Sanchi membawa 136.000 ton minyak mentah ultra-light saat bertabrakan dengan kapal lain yang berjarak 260 km dari Shanghai pada tanggal 6 Januari.

Kapal itu terbakar selama seminggu sebelum meledak dan tenggelam pada hari Minggu.

Citra satelit sebelumnya telah menunjukkan hanya dua lapisan minyak.

Namun angka terbaru dari Administrasi Oseanik China, yang memantau kawasan tersebut pada hari Rabu, mengatakan bahwa sekarang ada empat, yang ukurannya berkisar antara 48 sq km sampai 5,5 sq km.

Baik minyak mentah yang dibawa di Sanchi dan bahan bakar yang digunakan untuk menyalakan kapal dapat menyebabkan kerusakan parah pada kehidupan laut.

Minyak kondensat, minyak mentah ultra-light yang dibawa di kapal, berbeda dengan slider minyak hitam tebal yang biasanya tumpah.

Beracun, rendah indenitasnya dan jauh lebih eksplosif daripada minyak mentah biasa.

Sebagian besar kondensat juga tidak berwarna dan menghasilkan lapisan bawah air beracun yang hampir tak terlihat dari permukaan.

Kementerian Transportasi China pada hari Rabu mengumumkan bahwa tim penyelamatan telah menemukan kapal tersebut pada kedalaman 115 m (377ft). Dikatakan pihaknya sedang bersiap untuk mengirim robot bawah laut untuk menjelajahi daerah tersebut.

Kementerian menambahkan bahwa kapal patroli laut telah tiba di lokasi tersebut, dan kru telah mulai mencari cara untuk mendeteksi kebocoran dan menghentikan aliran minyak.