“Komodo tidak mengalami tekanan” ujar Kepala Taman Nasional Komodo NTT

0
1194

Kepala Taman Nasional Komodo Nusa Tenggara Timur (Sudiyono) membantah laporan yang mengatakan bahwa Komodo mengalami tekanan saat banyak wisatawan datang untuk berkunjung.

Menurutny Komod merasa nyaman selama ini, mungkin ada bebereapa perubahan sikap yang terjadi pada komodo seperti saat sedang dan sesudah makanan. Hal ini dapat terjadi ketika manusia berjalan setalah komodo makan itu diibaratkan seperti mangsa yang sedang jalan menunggu santapanya.

Penuturan tersebut muncul setelah ada laporan banyak pengunjung yang datang ke Taman Nasional tersebut. Sudiyono mengatakan dalam bahwa tidak ada penelitian khusus atau apapun itu yang membuktikan bahwa komodo itu tertekan, namun ada catatan bahwa komodo itu tertekan saat sedang makan.

Jika mereka sudah selesai makan tapi mereka melihat sesuatu bergerak, naluri mereka akan memberi tahu mereka bahwa [benda bergerak] adalah makanan, “katanya.
Berbicara mengenai kasus baru-baru ini dimana pengunjung diserang oleh komodo, Sudiyono mengatakan serangan tersebut terjadi karena para pengunjung tidak mengikuti panduan mereka. Pengunjung harus disertai pemandu setiap saat, sesuai peraturan taman.

Berkenaan dengan meningkatnya jumlah pengunjung, Sudiyono mengatakan situasi tersebut secara otomatis dikendalikan oleh terbatasnya jumlah pemandu yang tersedia dan para pengunjung ikut serta dalam kegiatan lain, seperti menyelam, snorkeling dan lompat pulau. Kepala Dinas Pariwisata NTT, Maurius Ardu Jelamu, sebelumnya mengungkapkan keprihatinannya terhadap komodo komodo yang diduga tertekan.

“Saya sudah mendapat banyak wawasan dari turis mancanegara, beberapa dari Singapura dan Eropa. Saat mereka berkunjung, mereka melihat bagaimana pola kunjungan tidak dikelola dengan baik karena tingginya jumlah pengunjung di taman nasional, “katanya.
Berbicara kepada pengunjung yang diserang, Marius mengatakan bahwa komodo biasanya tidak bertindak agresif, jadi penelitian lebih lanjut harus dilakukan pada pergeseran perilaku. Jika penelitian menemukan bahwa komodo peka terhadap keberadaan manusia, jam kunjungan taman dapat berubah.

“Kami tidak akan membatasinya, tapi kami harus mengaturnya ulang mulai jam kunjungan. Seharusnya ada jam bebas pengunjung agar taman itu kurang dikemas, “kata Marius. Kepala Asosiasi Asosiasi Pariwisata dan Perjalanan Indonesia NTT (ASITA), Abed Frans, mengatakan bahwa dia tidak yakin apakah komodo stres. “Teman-teman saya mengatakan bahwa para tamu mengatakan bahwa mereka tertekan, tapi tidak semuanya. Saya tidak tahu apakah komodo bisa stres. Pada saat bersamaan, kami ditugaskan untuk menambah jumlah pengunjung, “kata Abed. Jika terbukti komodo ditekankan, mungkin ada batas jumlah pengunjung harian, tambahnya.