Vote yang Belum Jelas Untuk Mengakhiri “US Shutdown”

0
997

Ratusan ribu pekerja federal tidak dapat bekerja karena “government shutdown”.

Senat AS telah gagal mencapai kesepakatan anggaran.

Beberapa karyawan tidak akan digaji jika masalah ini belum terpecahkan.

Pemungutan suara akan berlangsung pada siang hari di Washington (17:00 GMT) mengenai apakah akan membuka kembali pemerintahan. Imigrasi tetap menjadi salah satu poin utama perbedaan pendapat antara Republikan dan Demokrat.

Demokrat telah menolak untuk menunda kesepakatan anggaran sampai kekhawatiran mereka tentang reformasi imigrasi ditangani.

Layanan federal yang penting masih berjalan di seluruh negeri, namun pekerja non-esensial tidak dapat bekerja.

Mengapa pemerintah ditutup?

Pada tengah malam pada hari Jumat (19/1), anggota parlemen tidak menyetujui sebuah tagihan pengeluaran. RUU itu bukan rencana pendanaan untuk keseluruhan tahun 2018, tapi akan terus berjalan sampai pertengahan bulan depan.

Upaya untuk mencapai kesepakatan menjelang minggu kerja gagal dalam sesi Senat yang jarang dilakukan ini pada hari Minggu (21/1).

Vote untuk mengakhiri “shutdown” ditunda sampai tengah hari pada hari Senin (22/1), yang berarti banyak kantor pemerintah federal tidak akan dibuka saat “shutdown” memasuki hari ketiganya.

Di bawah peraturan Senat, RUU tersebut membutuhkan 60 suara di ruang beranggotakan 100 orang.

Ada 50 senator Republikan yang hadir dan dapat memilih di majelis tinggi pada hari Senin, namun setidaknya 10 Demokrat diminta untuk mengeluarkan anggaran.

Senator Republik John McCain tidak berada di Washington karena berobat kanker.

Demokrat menginginkan Presiden Trump untuk bernegosiasi mengenai imigrasi sebagai bagian dari kesepakatan anggaran, namun Partai Republik mengatakan bahwa tidak ada kesepakatan yang mungkin dilakukan sementara layanan pemerintah federal ditutup.

Partai Republik menginginkan dana untuk keamanan perbatasan – termasuk dinding perbatasan yang diusulkan dengan Meksiko – dan reformasi imigrasi, serta peningkatan pengeluaran militer.