Akibat meninjau Gempa, Helikopter Menteri Meksiko jatuh dan mengakibatkan 13 korban jiwa

0
1171

Gempa berkekuatan 7,2 Skala Ritcher mengguncang Meksiko, malah terjadi tragedi lain yang agak mencengankan yaitu Helikopter Menteri Meksiko jatuh dan menewaskan 13 orang serta melukai 15 orang.

Helikopter Militer UH-60 Black Hawk jatuh di kota Pinotepa de Don Luis, Santiago Jamiltepec, negara bagian Oaxaca, sekitar 37 km dari pusat episentrum gempa.

Saat peristiwa terjadi hari sudah petang dan listrik di daerah tersebut sedang mati. Helikopter tersebut membawa Menteri Dalam Negeri Alfonso Navarrete dan Gubernur Negara Bagian Oaxaca Aljandro Murat.

“Presiden Enrique Pena Nieto Mengatakan kedua pejabat itu tidak mengalami luka yang serius, namun hal yang disayangkan adalah orang yang berada didarat justru mengalami nasib yang mengenaskan karena mereka tertimpa badan dan baling-baling pesawat yang mengakibatkan banyak menelan korban jiwa.” Tweet nya di Twitter pada Jumat malam.

Sementara itu, kantor kejaksaan Oaxaca telah mengonfirmasi kematian korban tewas yang menimpa lima perempuan, empat pria, dan tiga anak, sedangkan seorang korban lainnya meninggal dalam perjalanan ke rumah sakit.

Menurut Navarrete, pilot helikopter kehilangan kendali pada jarak sekitar 40 meter di atas tanah ketika hendak mendarat. Dia menambahkan, Sekitar 50 rumah di kota dekat Santiago Jamiltepec rusak, begitu pula dengan balai kota dan gereja. Namun, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa gempa.

Otoritas Negara Bagian Oacaxa telah membuka camp penampungan untuk warga yang telah terkena dampak gempa, hampir 6000 gabungan antara tentara dan polisi Meksiko disiagakan untuk membantu korban gempa tersebut.