Cara tetap sehat saat musim hujan datang, ini dia kiatnya

0
1384
Musim hujan memang musim yang memiliki daya tariknya sendiri, seperti udara sejuk, nyaman untuk beristirahat, nikmat untuk bermalas – malasan.  Namun dibalik itu semua musim hujan juga menyimpan sejuta masalah yaitu:
Genangan air yang tercipta menjadikan sebuah sarang nyamuk untuk berkembang biak, Cuaca lembab menyebabkan menyebabkan virus influenza.

Apalagi kalo sampai terjadi banjir banyak wabah – wabah penyakit akan datang antara lain mengundang demam tifoid, kolera, leptospirosis, malaria, dan dengue. Untuk itu agar anda tidak menjadi korban cuaca maka anda harus mempersiapkan diri dengan empat hal berikut selama musim hujan.

1. Jaga Pola Makan

Setuju tidak? Mi rebus, bakso, dan tongseng akan terasa lebih enak jika dinikmati saat hujan. Sesekali mungkin tak apa, tapi kalau hampir setiap hari tentu bisa merugikan kesehatan.

Agar tubuh tetap fit selama musim hujan, pastikan untuk selalu mengonsumsi makanan bergizi seimbang. Selain itu, hindari dulu makanan pinggir jalan favorit Anda. Pada musim hujan, jalanan penuh dengan air sehingga meningkatkan kemungkinan kuman masuk ke dalam makanan.

O, ya, satu lagi: minum yang hangat-hangat, seperti teh hangat, juga berguna untuk mencegah dingin dan batuk saat musim hujan. Anda dapat menambahkan bunga kering atau daun kamomil untuk cita rasa yang berbeda.

2. Olahraga

“Enakan bergelung di bawah selimut daripada olahraga,” demikian kata Anda dalam hati. Tak perlu merasa bersalah. Hampir semua orang memang jadi mager alias malas bergerak saat hujan datang. Apalagi kalau cuaca betul-betul sedang gloomy, hati pun jadi ikut melankolis.

Namun, tahukah Anda, berolahraga pada musim hujan justru akan membuat suasana hati lebih baik? Beraktivitas fisik akan memberikan vitalitas dan meningkatkan endorfin sehingga mood lebih positif. Jika Anda sedang malas ke gymtreadmill atau yoga di depan TV di rumah juga bisa dilakukan. Yang penting, tetaplah bergerak aktif!.

3. Tidur cukup

Tidur adalah salah satu solusi praktis (meski sementara) untuk berbagai masalah hidup. Tak terkecuali untuk persoalan hujan yang mengacaukan jadwal kegiatan Anda. Daripada mengeluh di media sosial, lebih baik naik ke kasur dan tidur!.

4. Cuci Tangan

Cara terbaik untuk mencegah virus yang menyerang adalah dengan menjaga kebersihan dengan cara mencuci tangan.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here