Gempa Taiwan: kota Hualien diguncang rangkaian gempa susulan

0
1234

Gempa susulan terus mengguncang Taiwan setelah gempa kuat menewaskan sedikitnya empat orang dan melukai lebih dari 220 orang lainnya.

Gempa dengan magnitudo 6,4 pada skala Richter terjadi pada Selasa (06/02) pukul 23:50 waktu setempat, merubuhkan sejumlah bangunan di kota Hualien.

Warga diminta tidak masuk ke rumah yang rusak, dan sekitar 800 orang telah mengungsi di bangunan pemerintah.

Hualien, kota pusat wisata yang populer, merupakan tempat tinggal bagi sekitar 100.000 orang.

Foto-foto yang beredar di media sosial memperlihatkan jalan-jalan dan gedung-gedung bertingkat yang mengalami kerusakan, beberapa di antaranya masuk kategori parah. Menurut media lokal, sebagian di antara gedung-gedung tersebut adalah rumah sakit.

Tim SAR, bersama tentara, bekerja sepanjang malam, menyelamatkan sekitar 150 orang dari bangunan rusak. Namun upaya mereka terkendala gempa susulan.

Petugas penyelamat masih bekerja

Petugas penyelamat pada Rabu pagi masih berusaha menolong sedikitnya lima orang yang diketahui masih terperangkap di dalam bangunan, sebagaimana dilansir kantor berita AP.

Lebih dari 140 orang masih belum diketahui keberadaannya, menurut Central News Agency Taiwan.

Sekitar 40.000 rumah kini tanpa persediaan air, kemudian jalan raya dan jembatan ditutup.

Kantor dan sekolah di kota Hualien masih ditutup pada hari Rabu.

Presiden Tsai Ing-wen berada di lokasi gempa pada Rabu (07/02) pagi, mengunjungi rumah sakit dan pusat bantuan.

Dalam sebuah pernyataan di Facebook, Tsai berkata bahwa pemerintah akan membantu Hualien sebisa mungkin. Ia menambahkan bahwa dirinya berharap “kehidupan warga dapat kembali normal sesegera mungkin”.

Banyak orang melaporkan bahwa gempa terasa di ibu kota daerah otonomi itu, Taipei, yang berjarak lebih dari 160km dari Hualien.

Dua tahun lalu, gempa mengguncang kota Tainan menewaskan lebih dari 100 orang.

Taiwan telah diguncang lebih dari 100 gempa pada bulan ini, menurut pemerintah. Pulau itu berada di dekat pertemuan dua lempeng tektonik dan secara berkala terkena gempa bumi.

Sumber : bbc.com