Pendiri Amazon Ikut Bangun Jam Raksasa yang Hidup 10 Milenium

0
580
Jeff Bezos, CEO Amazon. (NBC News/Richard Brian)

Pendiri sekaligus CEO Amazon, Jeff Bezos, lagi-lagi terlibat dalam proyek raksasa. Kali ini Bezos melibatkan diri dalam pembangunan jam mekanik raksasa yang akan terus beputar hingga 10.000 tahun lamanya.

Jam raksasa yang dibangun oleh Bezos ini tergolong unik. Jarum jam di dalamnya tidak bergerak mengikuti hitungan detik, menit, atau jam.

Jarum baru akan bergerak sekali tiap setahun berganti. Jarum lainnya bergeser ketika satu dekade berlalu. Terakhir, ada suara alarm yang keluar setiap 1.000 tahun terlewati.

“Visinya adalah untuk membangun jam yang terus bergerak sampai 10.000 tahun ke depan,”ucap Bezos dalam blog miliknya seperti dikutip dari Digital Trends, Selasa (20/2).

Sejatinya proyek jam raksasa ini berawal dari gagasan Danny Hillis. Konsep mengenainya sudah Hillis miliki sejak 1989.

Saat ini proses pembuatan jam masih berjalan. Sebuah gunung di Texas Barat menjadi pilihan untuk menciptakan jam 10 milenium itu. Benda itu akan diletakkan di ketinggian 500 meter.

Tim konstruksi memakai panas bumi sebagai sumber energi. Dalam sebuah video yang dirilis oleh Bezos lewat akun Twitter miliknya, sekumpulan pekerja sibuk memindahkan dan memasang mesin jam di dalam gunung yang sudah dibor.

Bezos mengatakan bahwa jam tersebut mengusung pesan ‘pemikiran jangka panjang’. Pria berkepala plontos itu diketahui sudah terlibat dalam proyek ini sejak sekitar enam tahun yang lalu. Keterlibatannya dalam proyek besar ini tak lain sebagai penyumbang dana.

Ketika tulisan ini dibuat, Bezos memiliki kekayaan bersih senilai US$121,3 miliar. Kekayaannya sudah melampaui Bill Gates, sehingga menempatkan Bezos sebagai manusia terkaya di Bumi. Untuk proyek ini, Bezos menggelontorkan uang senilai US$42 juta.

Saat ini pembuatan jam memang belum selesai. Namun ketika semua rampung, jam raksasa ini akan menjadi tonggak wisata di kawasan. (age)