Pertumbuhan Ekonomi di Inggris Menurun

0
373

Perekonomian Inggris berkembang kurang dari perkiraan sebelumnya dalam tiga bulan terakhir pada tahun 2017, menurut data resmi.

Gross Domestic Product (GDP) tumbuh sebesar 0,4% pada periode Oktober sampai Desember, Kantor Statistik Nasional mengatakan, turun dari perkiraan awal 0,5%.

Penurunan tersebut disebabkan oleh pertumbuhan industri produksi yang lambat, ONS mengatakan.

Pada 2017 secara keseluruhan, ekonomi tumbuh sebesar 1,7%, juga sedikit lebih rendah dari perkiraan sebelumnya dan terlemah sejak 2012.

ONS sebelumnya memperkirakan bahwa ekonomi tumbuh sebesar 1,8% tahun lalu.

Badan statistik mengatakan bahwa pengeluaran rumah tangga tumbuh sebesar 1,8% tahun lalu, dan menjadi yang paling lambat sejak 2012. Dikatakan perlambatan tersebut sebagian karena pembeli menghadapi kenaikan harga di toko.

“Sejumlah penurunan yang sangat kecil terhadap pertambangan, pembangkit dan layanan energi cukup untuk melihat sedikit penurunan terhadap pertumbuhan triwulanan secara keseluruhan,” kata statistik ONS Darren Morgan.

‘Mengkhawatirkan lemah’

Chris Williamson, kepala ekonom IHS Markit, mengatakan bahwa beberapa wilayah ekonomi Inggris terlihat “sangat lemah” pada bulan-bulan terakhir tahun lalu.

Pengeluaran rumah tangga telah terjepit oleh kenaikan inflasi yang bertepatan dengan kenaikan upah yang lemah.

John Hawksworth, kepala ekonom di PwC, mengatakan bahwa akan menahan pertumbuhan tahun ini menjadi 1,5%.

“Kejadian ini bukan suatu bencana, tapi akan menempatkan kita ke dasar pertumbuhan G7 bersama dengan Italia dan Jepang, dan bukan di puncak bersama dengan Jerman dan AS.”

Namun, Bank of England sedikit lebih optimis.

Bulan lalu, ia menaikkan perkiraan pertumbuhan untuk ekonomi Inggris menjadi 1,8% tahun ini, dari perkiraan sebelumnya 1,6% yang dibuat pada bulan November.

Pada saat itu, Bank Dunia menunjukkan bahwa laju kenaikan suku bunga di Inggris bisa meningkat jika ekonomi tetap berada pada jalurnya saat ini.

Ada juga kenaikan upah yang lebih baik dari perkiraan. Tidak termasuk bonus, pendapatan naik 2,5% year-on-year.

Pengangguran naik tipis pada akhir tahun lalu, namun masih rendah di 4,4%.