Qantas Airways mencatat rekor keuntungan selama enam bulan

0
1013

Maskapai penerbangan nasional Australia, Qantas Airways, telah membukukan rekor keuntungan selama enam bulan sampai bulan Desember.

Perusahaan yang telah mengalami restrukturisasi besar-besaran dalam beberapa tahun terakhir, membukukan keuntungan mendasar sebesar 976 juta dolar Australia (£ 547.m; $ 761.48m).

Perputarannya untuk keuntungan dipandang sebagai salah satu yang terbesar dalam sejarah perusahaan Australia.

“Hasil hari ini berasal dari investasi di area yang memberikan pertumbuhan margin dan strategi jaringan yang memastikan, kita memiliki pesawat yang tepat di jalur yang benar,” kata Alan Joyce.

Hasil setengah tahunan tersebut menghasilkan lonjakan laba sebesar 14,6% dari periode yang sama tahun sebelumnya dan terjadi di tengah kenaikan biaya bahan bakar dan persaingan ketat di lini depan.

Keuntungan mendasar maskapai ini adalah ukuran yang paling banyak diawasi oleh analis dan investor. Saham perusahaan yang terdaftar di Sydney ditutup menguat, naik hampir 6%.

Perusahaan tersebut mengatakan bahwa pendapatan keseluruhan dan pendapatan lainnya naik 6% menjadi $ 8,66 juta selama periode yang sama. Ini juga mengumumkan buy-back saham seharga $ 378m.

Namun, di front internasional, Joyce mengatakan bahwa perusahaan tersebut telah menghadapi lebih banyak kursi di pasar seiring dengan kenaikan biaya bahan bakar.

Qantas adalah maskapai terbesar di Australia dan menguasai hampir dua pertiga pasar domestik negara tersebut.