Barrack Obama : “Untuk Mengatasi Ancaman Korea Utara Perlu Kerja Sama Internasional”

0
938

Mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama berpendapat, ancaman nyata dari Korea Utara memerlukan solusi yang jitu kerja sama internasional. Dalam kunjungannya ke Tokyo, Jepang, seperti dilansir dari AFP, Minggu (25/3/2018), Obama mengatakan AS perlu memastikan sistem pertahanan untuk melindungi negara di kawasan terhadap serangan potensial rudal dari Korea Utara. “Korea Utara adalah ancaman yang sesungguhnya,” katanya. “Menimbulkan ancaman signifikan tidak hanya ke kawasan tapi juga seluruh dunia,” ucapnya.

Menurutnya, secara individual atau secara besarnya suatu negara, tidak ada negara yang dapat menyelesaikan masalah tersebut secara efektif sehingga diperlukan kerja sama menyeluruh. “Korea Utara merupakan sebuah negara yang menjauh dari norma internasional dan terputus dengan dunia,” ujar Obama.

Di bawah pemerintahannya dulu semasa masih menjabat menjadi Presiden Amerika Serikat, dia telah menyatakan bahwa Amerika Serikat menekankan kebijakan “kesabaran strategis” terhadap Korea Utara, dengan harapan sejumlah sanksi yang diberikan akan membuat negara itu jauh sehingga ambisi pengembangan senjata nuklir dapat binasa. Namun, selama waktu itu, serangkaian uji coba nuklir dan peluncuran rudal justru terus dilakukan oleh Korea Utara.