Drs. M. Giatman, MSIE “Ekonomi Teknik”

0
1922

EKONOMI TEKNIK

Ekonomi Teknik secara “etimologi” adalah ilmu yang mempelajari tentang aspek – aspek yang berkaitan dengan bidang keuangan dalam suatu pengerjaan proyek teknik. Fungsi dari ekonomi teknik adalah untuk mempermudah pengambilan keputusan yang berhubungan dengan keuangan dan Teknik yang ada dalam suatu proyek tersebut. Secara Ekonomis berarti melaksanakan keputusan dalam keterbatasan sumber daya yang ada dengan cara memilih alternative berdasarkan financial, material dan human resource yang ada untuk mendapatkan hasil (merits) yang optimal.

Studi proyek ekonomi teknik berguna untuk menganalisis kelayakan proyek industri, dengan memperhatikan hal – hal sebagai berikut :

  1. Setiap unit perekonomian bertindak akan bertindak sebagai pembeli dan penjual barang – barang ekonomi dalam pasar.
  2. Setiap Komoditi (barang) dapat dinyatakan sebagai output dari suatu unit perekonomian dan input unit perekonomian lainya.
  3. Setiap pasar menghubungkan pembeli dan penjual suatu komoditi.

Berikut ini adalah contoh dari prinsip – prinsip ekonomi teknik :

  1. Membuat alternatif keputusan untuk memilih alternatif – alternatif yang nantinya akan diidentifikasi dan didefinisikan untuk memilih alternatif yang sesuai.
  2. Harus membuat pertimbangan yang sesuai dengan alternatif yang ada agar dapat mendapatkan keputusan yang sesuai dengan kebutuhan.
  3. Penggunaan sudut pandang yang konsisten jika sudah memilih alternatif diputuskan.

Proses pengambilan keputusan untuk seorang manager perusahaan selalu dihadapkan dengan masalah – masalah yang akan muncul dimasa yang akan datang. Seorang manager perusahaan yang mengetahui ilmu ekonomi teknik pasti dapat meminimalisir masalah – masalah besar dengan cara memilah – memilah alternatif yang ada.