Jerman Mengembalikan Patung Olmec Berusia 3.000 Tahun ke Meksiko

0
1037

Jerman telah mengembalikan dua patung kayu pre-Hispanik berusia 3.000 tahun dari peradaban Olmec ke pihak berwenang Meksiko.

Meksiko mengatakan artefak itu diambil secara ilegal dari situs arkeologi Olmec di Meksiko timur.

Patung tersebut ditemukan dari kolektor seni Kosta Rika kontroversial Leonardo Patterson di Jerman selatan pada tahun 2008.

Pada 2015, pengadilan memutuskan bahwa mereka milik Meksiko dan pada hari Selasa (20/3) mereka diserahkan kepada duta besar Meksiko.

Perburuan internasional

Patung-patung itu disimpan di Koleksi Arkeologi Negara Bagian Bavaria setelah mereka disita dari Mr Patterson di Munich pada tahun 2008.

Patung itu adalah bagian dari koleksi lebih dari 1.000 artefak Aztec, Maya dan Olmec yang telah menjadi pusat perburuan seni internasional selama beberapa dekade.

Ketika Mr Patterson memamerkan koleksinya di Spanyol utara pada tahun 1997, para ahli menduga bahwa beberapa bagian yang palsu dan penyelidikan pun terjadi.

Mr Patterson menempatkan koleksinya ke penyimpanan di Spanyol, di mana artefak tetap ada hingga tahun 2008.

Sementara itu Spanyol menemukan bahwa dia bukan pemilik yang sah dan menawarkan untuk mengembalikan artefak ke negara-negara asal yang dapat membuktikan sebagai klaim yang sah.

Pada tahun 2008, Spanyol menyita ratusan barang dan mengembalikannya ke Peru.

Mr Patterson selalu mempertahankan bahwa ia memperoleh koleksinya secara hukum dari beberapa kolektor lainnya.

“Semua barang itu, saya mendapatkannya di Eropa. Saya tidak membelinya secara terpisah,” katanya pada saat artefak itu diambil oleh polisi Munich.

Namun pengadilan di Munich mendengar dari seorang saksi yang mengatakan bahwa Patterson mengatakan kepadanya bahwa dia telah memperoleh dua bagian artefak dari seorang pedagang seni, yang mendapatkannya dari seorang perampok makam.

Pengadilan memutuskan bahwa dia tidak dapat membuktikan kepemilikan legal dari bagian artefak, yang disimpan dalam Koleksi Arkeologi Negara Bagian Bavaria sementara kasus dan banding oleh Patterson sedang berlangsung.

Dalam sebuah upacara di museum, MarĂ­a Villareal dari Institut Nasional Antropologi dan Sejarah Meksiko (INAH) mengatakan bahwa kembalinya dua artefak itu “merupakan preseden penting bagi Meksiko”.

“Meksiko adalah pemilik potongan-potongan ini di bawah undang-undang Meksiko dan kami dapat membuktikan kepemilikan itu dalam kasus perdata di Jerman,” katanya.