KeepVid Menghapus Fungsi Ripping YouTube Demi Pendekatan Hukum

0
1528

Situs web populer yang memungkinkan orang menyimpan video dari layanan seperti YouTube secara tidak terduga berubah menjadi situs advokasi hak cipta.

KeepVid membiarkan orang mengunduh salinan video yang tidak dapat secara resmi disimpan dari YouTube, Vimeo, dan lainnya.

Namun layanan tersebut sekarang telah dihapus dari situs webnya dan digantikan oleh halaman panduan tentang syarat dan ketentuan.

Terminologi yang digunakan menunjukkan bahwa sekarang telah sadar akan batasan hukum untuk mengunduh dari situs berbagi.

Dalam pembaruan situs webnya, KeepVid mengatakan telah menemukan bahwa memotong video dari YouTube bertentangan dengan syarat dan ketentuan situs.

“KeepVid mengungkapkan bahwa pengguna tidak diizinkan untuk mengunduh video dari YouTube,” katanya.

KeepVid sering menjadi hasil penelusuran teratas bagi orang-orang yang mencari cara untuk mengunduh video dari YouTube dan Vimeo.

Untuk sebagian besar video, YouTube tidak menawarkan cara resmi bagi orang untuk mengunduh dan menyimpannya.

Namun, pelanggan ke tingkat premiumnya, YouTube Red, dapat mengunduh video untuk ditonton offline dalam aplikasi YouTube.

KeepVid mengoperasikan layanannya secara gratis di situs webnya dan melalui perangkat lunak berbayar yang disebut KeepVid Pro. Kedua layanan tersebut telah dihentikan.

Perusahaan belum menjelaskan mengapa mereka memutuskan untuk menutup layanannya. Namun, dikatakan pihak KeepVid berharap pasar video akan “diatur untuk memenuhi kebutuhan masyarakat”.

“Pengunduhan video akan menjadi mungkin jika alat pengunduh video dan platform berbagi video mencapai kesepakatan tentang mengunduh video,” katanya.