Perang perdagangan Trump: Cina Mengatakan kepada AS Akan Membela Kepentingan Nasional

0
871

Cina memperingatkan AS bahwa akan tetap mempertahankan kepentingannya pada perdagangan, media pemerintah Cina mengatakan, setelah Presiden AS Donald Trump mendukung tarif pada barang-barang Cina.

Komentar itu muncul dalam panggilan telepon antara wakil perdana menteri China Liu He dan Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin.

Mr Trump telah mengumumkan rencana untuk memberlakukan tarif hingga $ 60bn (£ 42.5bn) barang-barang Cina, menuduh Cina melakukan pencurian kekayaan intelektual.

Langkah itu telah mengguncang pasar dan memicu kekhawatiran perang perdagangan.

Liu, seorang penasihat ekonomi utama Presiden China Xi Jinping, mengatakan kepada Mnuchin bahwa Beijing siap untuk membela kepentingan nasionalnya tetapi berharap bahwa “kedua belah pihak akan tetap rasional dan bekerja sama,” kantor berita resmi Cina Xinhua melaporkan.

Selama percakapan telepon, yang dianggap sebagai kontak tingkat tertinggi antara kedua pemerintah sejak Mr Trump mengumumkan tarif pada hari Kamis, Liu juga menuduh AS melanggar aturan perdagangan internasional setelah penyelidikannya ke dalam praktik kekayaan intelektual China.

Di tengah ketegangan perdagangan, Direktur Jenderal Organisasi Perdagangan Dunia Roberto Azevêdo telah memperingatkan bahwa masalah perdagangan ini akan membahayakan ekonomi global”.

Mr Trump, bagaimanapun, mengatakan bahwa langkah AS untuk menaikkan tarif terhadap China sudah mulai mendapatkan hasil.

“Banyak negara lain sekarang sedang bernegosiasi mengenai kesepakatan perdagangan yang adil dengan kami,” kata presiden Trump pada hari Jumat.

Mengikuti langkah Trump, China mengatakan pihaknya berencana untuk membalas dengan menetapkan tarif yang diusulkan sendiri senilai $ 3 milyar, termasuk tarif pada bahan makanan dan memo aluminium.

Beijing telah memperingatkan AS bahwa mereka tidak takut pada perang dagang, tetapi mengatakan bahwa mereka berharap untuk menghindari masalah perdagangan lebih lanjut.