YouTube Ingin ‘Mengganggu’ Pengguna dengan Iklan

0
977

YouTube mengatakan ingin “menggagnggu” pendengar musik dengan memutar lebih banyak iklan.

Itu menurut kepala global perusahaan musik, Lyor Cohen.

Berbicara tentang festival musik Southwest, dia mengatakan iklan itu akan ditujukan pada orang-orang yang menggunakan situs itu untuk layanan musik gratis.

Komentarnya datang saat YouTube bersiap-siap meluncurkan layanan musik baru yang diharapkan dapat bersaing dengan Spotify, Apple dan Amazon.

Ide untuk “mengganggu dan mengajak” pengguna adalah membuat mereka membayar untuk layanan berlangganan yang baru. Sama seperti cara Spotify beroperasi.

Diperkirakan iklan akan ditargetkan secara khusus pada mereka yang mendengarkan musik untuk jangka waktu yang lama.

Menurut Bloomberg, YouTube ingin membungkam mereka yang mengatakan perusahaan merusak industri rekaman, dengan menjadi tuan rumah banyak musik secara gratis.

Pada tahun 2017, YouTube menandatangani perjanjian global kedua dengan label musik utama, di tengah rencana untuk memperluas bisnis langganannya.

Universal Music Group mengatakan kesepakatan itu akan memberikan lebih banyak fleksibilitas dan pembayaran kepada artisnya, dan memperkuat komitmen YouTube untuk mengelola hak musik.

Perusahaan ini mewakili seniman termasuk Taylor Swift dan Jay-Z.

YouTube juga mencapai kesepakatan dengan Warner Music Group pada tahun 2016.

Namun komentar Mr Cohen tentang keinginan untuk “mengganggu” pengguna mungkin sedikit terlalu terbuka.

Sejak itu, YouTube memberi tahu Newsbeat bahwa “prioritas utamanya adalah memberi pengguna pengalaman hebat” dan ini termasuk memastikan pengguna tidak menemukan banyak iklan.

Tidak jelas kapan iklan baru akan diperkenalkan atau kapan layanan musik milik Google akan diluncurkan.