Mesir sambut bulan Ramadhan dengan lentera-lentera Salah

0
962

Bintang sepakbola asal Liverpool Mohamed Salah muncul kembali di negara asalnya, Mesir, namun kali ini dia bukan tampil di lapangan melainkan dalam bentuk lentera Ramadhan.

Berbagai macam cara umat Islam sedunia menyambut Ramadhan, yang tahun ini jatuh pada pertengahan Mei nanti. Di Mesir biasanya orang memasang lentera tradisional untuk merayakannya.

Namun kini mereka menggunakan lentera dalam bentuk baru, yang lain sama sekali, yang tak pernah terjadi sebelumnya: yaitu dalam bentuk Mohamed Salah, bintang sepak bola mereka yang sedang merajai Liga Primer Ingris.

Foto-foto lentera dengan bentuk Mo Salah beredar luas di media sosial dan berbagai situs berita, bersama foto lentera tradisional yang ditempeli wajah sang pemain Liverpool ini.

Situs berita Al-Watan melaporkan bahwa para penjual lentera dan pemilik toko merayakan dua hal sekaligus, yaitu menyambut Ramadhan dan keberhasilan Mesir dalam kualifikasi untuk sepak bola Piala Dunia pada bulan Juni.

Mereka mengatakan kepada Al-Watan bahwa lentera-lentera itu dibuat di Cina, meskipun impor lentera pernah dilarang.

Mo Salah

Surat kabar Al-Masry al-Youm melaporkan bahwa percetakan-percetakan meraup untung banyak dengan membuat cetakan lampion dan hiasan bermotif Mohamed Salah menjelang bulan Ramadhan.

Pemain tim nasional Mesir ini telah merebut hati rakyat Mesir sejak Oktober 2017, ketika Mesir dinyatakan lolos ke Piala Dunia 2018 – untuk pertama kalinya sejak tahun 1990.

Pada bulan Maret, Salah mencetak rekor gol tertinggi di Liga Primer Inggris, dengan menjadi pencetak gol terbanyak di musim 2017/2018.

Sumber : bbc.com