Afghanistan: Serangan Bunuh Diri di Kabul Pusat Membunuh 57 Orang

0
874

Serangan bom bunuh diri di pusat pendaftaran pemilih di ibukota Afghanistan, Kabul, telah menewaskan sedikitnya 57 orang, kata para pejabat.

Korban tewas termasuk 21 wanita dan lima anak-anak, tewas ketika ledakan menghantam antrean di luar. 119 orang terluka.

Kelompok Negara Islam (IS) mengklaim telah melakukan serangan itu.

Pendaftaran pemilih dimulai bulan ini untuk pemilihan legislatif yang akan berlangsung pada bulan Oktober.

Juru bicara IS mengatakan seorang pembom bunuh diri yang mengenakan sabuk peledak telah menargetkan pusat itu, yang berada di daerah Dashte Barchi di Kabul barat.

Dashte Barchi sangat padat penduduknya oleh anggota minoritas Muslim Syiah Afghanistan, yang telah menjadi target oleh IS.

Anak-anak berdiri sejajar dengan orang tua mereka yang menunggu untuk mendaftar ketika bom meledak pada Minggu pagi.

Tidak ada rincian tentang bagaimana bom itu diledakkan oleh penyerang, tetapi kekuatan ledakan juga menghancurkan mobil.

“Saya menemukan diri saya berlumuran darah, dengan orang mati – wanita dan anak-anak – di sekitar saya,” Rasuli, 26, ingat ketika dia berbicara dengan kantor berita AFP dari tempat tidur rumah sakit di kota.

“Mereka semua ingin memilih,” tambahnya.

Foto dan formulir berukuran paspor berserakan di lokasi ledakan bersama dengan pecahan kaca dan genangan darah.

Pria lain yang terluka, yang menangis ketika dia berbicara dari tempat tidurnya di rumah sakit, mengatakan pada saluran lokal Ariana TV, “Saya tidak tahu di mana putri saya berada. Tuhan, sialan para penyerang!”

Saluran yang sama, laporan kantor berita Reuters, menunjukkan orang-orang yang marah berteriak, “Matilah pemerintah!” dan, sebelum klaim tanggung jawab IS, “Kematian bagi Taliban!”