Duka Kim Jong-un Saat Kecelakaan Bus Menewaskan Turis China

0
909

Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un telah menyatakan duka cita atas sebuah kecelakaan bus yang menewaskan 32 turis Tiongkok dan empat warga Korut.

Kecelakaan itu terjadi pada Minggu malam di provinsi Hwanghae Utara, ketika bus wisata jatuh dari jembatan.

Sangat jarang bagi media Korea Utara yang dikontrol ketat untuk melaporkan berita negatif, dan bagi Kim untuk mengakui insiden itu sendiri bahkan lebih tidak biasa.

Cina adalah sekutu politik utama dan mitra dagang terbesar Korea Utara.

“Tuan Kim mengatakan bahwa kecelakaan tak terduga itu membawa duka ke hatinya,” kantor berita resmi KCNA melaporkan.

“Dia tidak bisa mengendalikan kesedihannya memikirkan keluarga-keluarga yang berduka yang kehilangan keluarga mereka.”

Pemimpin Korea Utara digambarkan mengunjungi penumpang yang terluka di rumah sakit. Laporan itu mengatakan dia secara pribadi belajar tentang perawatan.

Dia juga mengunjungi kedutaan China di Pyongyang, di mana dia bertemu dengan duta besar China untuk Korea Utara Li Jinjun dan menyatakan belasungkawa dan simpati sepenuh hatinya.

Cina dan Korea Utara telah lama menjadi sekutu. Kunjungan cepat Mr Kim ke orang-orang yang terluka – dan melaporkannya – kemungkinan sebagian besar dilihat sebagai cara untuk melindungi citranya di kalangan penduduk Cina.

Wisatawan China merupakan 80% dari wisatawan asing ke Korea Utara – menyediakan sumber mata uang penting bagi Pyongyang.

Mr Kim awal tahun ini mengunjungi Presiden China Xi Jinping di Beijing, perjalanan luar negeri pertamanya yang diketahui sejak ia menjabat pada tahun 2011.

Cina bertanggung jawab atas hampir semua bantuan makanan dan bahan bakar Korea Utara dan  dapat dianggap sebagai mitra terpentingnya.

Korea Utara baru-baru ini mengumumkan telah menghentikan semua uji coba nuklir dan rudal, karena pertemuan puncak dengan para pemimpin Korea Selatan dan AS.