Korea Selatan Mematikan Loudspeaker yang Mengarah ke Utara

0
1055

Korea Selatan telah menghentikan siaran propaganda melalui pengeras suara di sepanjang perbatasan dengan Korea Utara, menjelang pertemuan tingkat atas akhir pekan ini.

Korea Selatan memiliki lusinan pengeras suara di sepanjang daerah perbatasan, yang menyiarkan segala sesuatu mulai dari musik K-pop hingga laporan berita yang kritis terhadap Korea Utara.

Siaran bisa didengar oleh pasukan Korut yang ditempatkan di sepanjang perbatasan dan warga sipil di daerah itu.

Seoul mengatakan mematikannya akan membantu mengatur suasana untuk pembicaraan hari Jumat.

Korea Utara memiliki sistem pengeras suara sendiri di sepanjang perbatasan, memainkan laporan kritis terhadap Seoul dan sekutunya.

Belum diketahui apakah akan mengikuti dan membungkam mereka juga.

Korea Selatan mengatakan para pembicara, yang memainkan propaganda di perbatasan dengan volume tinggi, dimatikan pada dini hari Senin pagi.

Langkah itu bertujuan untuk “meredakan ketegangan militer antara kedua Korea dan mengembangkan suasana pertemuan damai,” kata juru bicara Choi Hoi-hyun kepada wartawan.

“Kami berharap keputusan ini akan membuat kedua Korea menghentikan kritik dan propaganda timbal balik terhadap satu sama lain dan juga berkontribusi dalam menciptakan perdamaian dan permulaan baru.”

Korea Utara mengumumkan pada akhir pekan bahwa pihaknya menangguhkan uji coba nuklir dan menutup tempat uji atom. Pengumuman mengejutkan datang ketika negara bersiap untuk pembicaraan bersejarah dengan Korea Selatan dan AS.

Pemimpin Pyongyang, Kim Jong-un akan bertemu dengan Mr Moon Jumat depan di desa gencatan senjata Panmunjom, menandai pertemuan antar-Korea pertama dalam lebih dari satu dekade.

Mr Kim juga akan bertemu Presiden AS Donald Trump pada bulan Juni. Ini akan menjadi pertemuan pertama antara dua pemimpin yang duduk di Korea Utara dan AS.

Siaran propaganda Korea Selatan mati dan hidup sejak Perang Korea. Tujuannya adalah untuk membujuk tentara Korea Utara untuk meragukan apa yang dikatakan oleh para pemimpin mereka.

Penggunaannya telah meningkat dan menurun selama bertahun-tahun, mengikuti suasana diplomatik di semenanjung.

Pada tahun 2004, siaran dihentikan sebagai bagian dari kesepakatan yang dinegosiasikan antara kedua negara.

Namun pada tahun 2015, setelah dua tentara Korea Selatan terluka parah oleh tambang Korea Utara yang ditanam di zona demiliterisasi (DMZ), Korea Selatan mengaktifkan kembali. Siaran kemudian dihentikan lagi pada tahun 2015 tetapi dimulai kembali pada tahun 2016 sebagai tanggapan terhadap pengujian Utara terhadap bom hidrogen.

Korea Selatan tidak mengatakan apakah direncanakan untuk memulai kembali siaran setelah KTT.

 

Juga pada hari Senin, polisi Korea Selatan bentrok dengan pengunjuk rasa di dekat lokasi pangkalan militer yang menjadi tuan rumah sistem anti-rudal AS yang kontroversial.

Terminal High-Altitude Area Defense systemTinggi (Thaad) dirancang untuk melindungi dari serangan rudal dari Korea Utara.

Namun, warga Korea Selatan di daerah pusat Seongju, di mana sistem itu berada, percaya itu adalah target potensial untuk serangan dan membahayakan kehidupan orang-orang yang tinggal di dekatnya.

Sekitar 200 warga memblokir jalan ke lokasi, berusaha mencegah truk konstruksi mencapai pangkalan, sampai mereka dipindahkan oleh polisi pada hari Senin.

China juga sangat menentang sistem anti-rudal, percaya itu mengganggu keamanan operasi militernya sendiri.