Ransomware Menginfeksi Situs Web Kementerian Energi Ukraina

0
897

Peretas telah menggunakan ransomware untuk mengambil alih situs web dinas energi Ukraina secara offline dan mengenkripsi file-nya.

Situs web saat ini berisi pesan yang ditulis dalam bahasa Inggris, menuntut tebusan 0,1 bitcoin – senilai $ 927,86 (£ 664,98) dengan nilai tukar hari ini.

Juru bicara polisi cyber Ukraina Yulia Kvitko mengatakan serangan itu adalah “insiden terisolasi” dan tidak ada situs web pemerintah lainnya yang terpengaruh.

Dia menambahkan bahwa sistem email kementerian energi masih berdiri dan berjalan.

“Kasus ini tidak berskala besar. Jika perlu, kami siap untuk bereaksi dan membantu,” kata Ms Kvitko.

“Spesialis kami sedang bekerja sekarang … Kami tidak tahu berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan masalah ini.”

Menurut firma penelitian keamanan cyber AlienVault, para peretas di balik serangan cyber ini sebelumnya telah mengganggu situs web lain, tetapi mereka hanya menghasilkan sekitar 100 poundsterling dari upaya mereka.

AlienVault percaya situs web kementerian energi telah diserang oleh dua peretas yang berbeda – peretas pertama, yang menyebut namanya “X-zakaria” di bagian bawah laman web, hanya merusak situs web.

Firma keamanan percaya bahwa peretas kedua kemudian datang, mengenkripsi file situs web, dan menambahkan layar ransomware dan detail pembayaran.

“Apa yang mungkin terjadi di sini adalah bahwa seorang hacktivist telah meretas situs untuk bersenang-senang, maka penyerang ransomware kriminal telah menggunakan backdoor mereka, yang dapat Anda lihat di bagian bawah halaman, untuk mencoba dan menghasilkan uang,” kata peneliti keamanan AlienVault Chris. Doman mengatakan kepada BBC.

Dia mengatakan bahwa kemungkinan hacker ini adalah amatir, bukan penyerang negara.

“Memang benar bahwa serangan terhadap Ukraina telah menyamar sebagai ransomware sebelumnya, untuk menutupi tujuan sebenarnya, dan dalam banyak kasus, perusahaan energi seperti ini telah menjadi target utama,” kata Doman.

“Namun, dalam hal ini bukti menunjukkan sesuatu yang wajar.”