Zuckerberg: Kami Kumpulkan Data Pengguna di Luar Facebook

0
788

Berada dalam cecaran Perwakilan Demokrat dari New Mexico, Ben Lujan, CEO Facebook Mark Zuckerberg mengaku bahwa perusahaannya mengumpulkan data pengguna internet. Bahkan, jika pengguna tersebut tak pernah membuat akun di jejaring sosial terbesar dunia itu.

Dalam pernyataannya, Zuckerberg menyatakan bahwa dia memberikan izin pada Facebook untuk membuat profil pada orang yang tidak menggunakan platformnya. Profil ini biasanya disebut sebagai profil bayangan (shadow profile).

“Secara umum kami mengumpulkan data orang-orang yang tidak mendaftar Facebook untuk tujuan keamanan,” ujar ayah dua anak ini.

Lujan kemudian mengembalikan ucapan Zuck selama beberapa waktu terakhir ini bahwa setiap orang bisa mengontrol data mereka. Namun, Facebook mengaku mengumpulkan data pengguna internet yang bahkan tidak ada di platformnya.

“Anda mengatakan bahwa semua orang bisa mengontrol data mereka, tetapi Anda mengumpulkan data orang-orang yang bukan pengguna Facebook yang tidak pernah menandatangani persetujuan, perjanjian privasi [Facebook]?” tanya Lujan.

Zuckerberg mengatakan, praktik itu dimaksudkan untuk membantu mencegah pelaku jahat mengumpulkan informasi publik dari pengguna Facebook seperti nama dan identitas publik lainnya.

“Kami perlu tahu ketika seseorang mencoba untuk berulang kali mengakses layanan kami,” kata Zuck.

Selanjutnya, Lujan menanyakan kemungkinan data non pengguna itu dihapus dari Facebook. Zuck mengatakan hal itu mungkin dilakukan, namun dia bersikeras bahwa perusahaan membutuhkan data itu untuk menghindari perilaku jahat.

“Untuk mencegah orang mencari informasi publik, fitur pencarian yang Anda sebut hanya menunjukkan informasi publik, nama dan profil orang, dan hal-hal yang mereka publikasikan,” papar Zuck.

“Meskipun demikian, kami tidak ingin orang-orang mengumpulkan bahkan informasi publik. Jadi, kami perlu tahu ketika seseorang mencoba mengakses layanan kami.”

Artinya, netizen bukan pengguna Facebook hanya bisa menghapus profil bayangan mereka ketika mereka membuat akun di Facebook. Sebab, platform tersebut dalam kebijakan penggunaan menyatakan orang yang menghapus akun akan menghilangkan seluruh data pribadi di platform tersebut.

Selain itu, Zuck lebih jauh juga menyatakan bahwa upaya ini dilakukan untuk pengiklanan. Facebook menjalankan jaringan iklan di luar Facebook.

Mengumpulkan data orang-orang di luar Facebook adalah salah satu cara jaringan iklan menargetkan massa lebih luas untuk menghasilkan uang.

Melalui Twitter, mantan karyawan departemen iklan Facebook Antonio Garcia Martinez menambahkan bahwa perusahaan juga butuh data tersebut untuk kepentingan pertumbuhan pengguna.

“Data ini dikumpulkan untuk alasan pertumbuhan juga,” katanya kemudian. Dia melanjutkan bahwa data bayangan pun digunakan untuk memastikan pengguna Facebook menemukan saran teman yang tepat ketika mereka masuk ke layanan untuk pertama kalinya.