Brasil Menuduh 11 Orang Mencoba Untuk Memulai Sel Negara Islam

0
88

Jaksa federal Brasil telah menuduh 11 orang berencana untuk mendirikan sebuah sel Negara Islam di Brasil dan berusaha merekrut para jihadis untuk dikirim ke Suriah, menurut pengajuan pengadilan yang dilihat oleh Reuters pada hari Kamis.

Polisi melacak militan Negara Islam yang diduga melalui pesan media sosial mereka setelah Guardia Civil Spanyol memberikan nomor telepon yang ditemukan pada seorang Brazil yang ditangkap di Spanyol karena menjadi anggota kelompok jihadis di sana.

Dalam satu grup obrolan WhatsApp, beberapa tersangka Brasil membahas rencana untuk menyalin serangan Jembatan London tahun lalu selama Karnaval di Rio de Janeiro atau Salvador untuk membunuh sebanyak mungkin orang, kata dokumen itu.

Dua orang Brasil ditahan di sebuah penjara dengan keamanan maksimum dan lima orang lainnya, yang ditangkap sejak Oktober, dibebaskan menunggu sidang, kata seorang juru bicara kantor jaksa untuk negara Goias di Brazil tengah yang mengajukan dakwaan.

Polisi menemukan senjata buatan sendiri di rumah salah satu tersangka, yang mengidentifikasi dirinya dalam pesan media sosial sebagai pendukung gerakan Islam militan Al-Qaida.

Itu adalah kelompok peniru kedua yang dibongkar oleh Brasil dalam dua tahun.

Sebelum Olimpiade Rio 2016, polisi menangkap 10 orang yang diduga anggota kelompok yang kurang terorganisir mendukung Negara Islam yang membahas aksi teroris selama Olimpiade.

Pemerintah Brazil menggambarkan kelompok itu sebagai “benar-benar amatir” dan mengatakan para anggotanya melakukan kontak melalui aplikasi perpesanan tetapi tidak mengenal satu sama lain secara pribadi.