Startup Asal Silicon Valley Siap Pasarkan Sepeda Cetakan 3D

0
20

Berkarir dengan membantu Google Alphabet membangun pusat data dan mempercepat paket Amazon kepada pelanggan, Jim Miller kini melakukan kebanyakan eksekutif di Silicon Valley.

Dia memiliki banyak waktu luang untuk mengendarai sepeda. Tapi, ada yang berbeda dengan sepeda yang dia gunakan. Sepeda yang digunakan Miller berasal dari Arevo Inc. yakni perusahaan rintisan dengan dukungan modal dari Central Intelligence Agency.

Perusahaan yang baru-baru ini dipimpin oleh Miller menghasilkan sepeda serat karbon pertama dengan cetakan 3D. Arevo menggunakan sepeda untuk mendemonstrasikan desain perangkat lunak dan teknologi cetaknya.

Teknologi cetak ini diharapkan dapat digunakan untuk memproduksi komponen untuk sepeda, pesawat terbang, kendaraan ruang angkasa, dan lainnya.
Kamis lalu, (17/5), Arevo mengumpulkan US$12,5 juta melalui pendanaan yang berasal dari Asahi Glass Co Ltd dari Jepang, Sumitomo Corp of the Americas dan Leslie Ventures Sumitomo Corp.

Sebelumnya, perusahaan mengumpulkan US$7 juta dari Khosla Ventures, yang juga mengambil bagian dalam pendanaan terakhir. Dana modal ventura ini pun didukung oleh CIA.

Sepeda serat karbon tradisional mahal karena para pekerja meletakkan lapisan serat karbon individu yang diresapi dengan resin di sekitar cetakan bingkai dengan tangan. Bingkai kemudian dipanggang dalam oven untuk mencairkan resin dan mengikat lembaran serat karbon bersama-sama.

Teknologi Arevo menggunakan kepala deposisi yang dipasang pada lengan robot untuk mencetak bentuk tiga dimensi rangka sepeda. Kepala diletakkan helai serat karbon dan melelehkan bahan termoplastik untuk mengikat untaian, semua dalam satu langkah.

Proses ini hampir tidak melibatkan tenaga manusia dan memungkinkan Arevo membangun kerangka sepeda dengan biaya US$300, Silicon Valley yang mahal.

“Kami benar sesuai dengan biaya untuk membangun kerangka sepeda di Asia,” kata Miller.

“Karena biaya tenaga kerja jauh lebih rendah, kami dapat mengembalikan manufaktur komposit.”

Sementara itu, Miller mengatakan Arevo sedang berunding dengan beberapa pabrikan sepeda. Pasalnya, perusahaan berharap untuk memasok komponen-komponen kedirgantaraan.

Mesin Arevo dapat berjalan di sepanjang rel untuk mencetak bagian yang lebih besar dan akan menghindari kebutuhan untuk membangun oven besar untuk memanggangnya.

“Kami dapat mencetak sebesar yang Anda inginkan seperti pesawat terbang, sayap pesawat terbang,” kata Miller. (age)