Facebook menghentikan Proyek drone Internet

0
841

Facebook mengumumkan bahwa mereka akan berhenti mencoba mengembangkan drone pemancar internet mereka.

Proyek yang dinamai Aquila ini dimulai empat tahun lalu. Kabar ini Facebook umumkan melalui sebuah blog post yang ditulis oleh Yael Maguire, Director of Engineering di Facebook.

Pada awalnya, Aquila adalah proyek untuk membuat drone dengan tenaga surya yang dapat terbang tinggi untuk memancarkan internet.

Dengan menggunakan tenaga surya, drone ini diharapkan akan bisa terbang lebih lama. Drone tersebut dibuat untuk menyediakan layanan internet ke kawasan terpencil di dunia, lapor The Verge.

Aquila adalah salah satu cara Facebook untuk membantu masyarakat di negara berkembang dan kawasan terpencil untuk mendapatkan akses internet. Dengan begitu, mereka bisa jadi pengguna Facebook.

Facebook sempat menerbangkan drone prototipe mereka dua kali dalam uji penerbangan publik yang dilakukan pada 2016. Dalam pengujian ini, drone mengalami kerusakan yang serius ketika ia mendarat.

Sekarang, daripada mencoba membuat drone sendiri, Facebook berkata bahwa mereka akan fokus bekerja sama dengan perusahaan dirgantara untuk mengembangkan sistem pemancar internet dari ketinggian.

“Ketika kami mengembangkan program ini, perusahaan-perusahaan ternama di bidang dirgantara juga ikut mulai mengembangkan teknologi ini — termasuk desain dan pembuatan pesawat untuk ketinggian tinggi,” kata Maguire.

“Karena itu, kami memutuskan tidak mendesain atau membuat pesawat kami sendiri dan menutup fasilitas kami di Bridgewater.”