Instagram Uji Aplikasi Versi ‘Ramah Memori’

0
883

Instagram dalam bulan ini terlihat sibuk, setelah menelurkan fitur IGTV, video chat dan notifikasi jika ada orang yang melakukan screenshot kepada Stories, kali ini Instagram mengeluarkan aplikasi Instagram Lite.

Fitur ini dikeluarkan diam-diam tanpa pemberitahuan apapun, Instragram Lite muncul di Google Play Store. Peluncuran ini ditujukan untuk pengguna di negara berkembang yang memiliki kendala pada ruang penyimpanan di ponsel, kecepatan internet, dan kemampuan membeli paket data besar.

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini lebih ringan dari pada aplikasi reguler. Instagram Lite hanya berukuran 573 kilobytes, artinya hanya 1/55 lebih kecil dari aplikasi utama Instagram yang berukuran 32 megabytes.

Dengan aplikasi berukuran kecil ini, pengguna yang memiliki penyimpanan terbatas di ponselnya tetap bisa menikmati konten Instagram tanpa perlu menghapus aplikasi atau foto-foto untuk mengosongkan memori.

Meskipun berukuran lebih kecil dari aplikasi utama, Instagram Lite tetap terdapat fitur-fitur utama seperti filter, mengungah foto dalam linimasa atau Stories, menonton Stories, berselancar di explore page. Namun, pengguna tidak dapat mengunggah video atau mengirimkan direct message.

Dalam deskripsinya di Google Play Store tertulis Aplikasi Instagram Lite berukuran kecil, membuat Anda bisa menghemat memori dalam ponsel dan dapat diunduh dengan cepat. Namun, Instagram menyebut bahwa Instagram Lite akan diuji coba di Meksiko pada minggu ini.

“Kami sedang menguji coba versi baru dari Instagram di Android yang lebih hemat memori, menggunakan data yang lebih kecil, dan lebih cepat. Perusahaan tidak bisa mengatakan apakah akan ada iklan. Nantinya dalam tahun ini, aplikasi ini akan diperluas ke beberapa negara, dan mendapatkan fitur pesan dan video,” kata juru bicara Instagram kepada Techcrunch.

Instagram Lite mampu menjawab masalah umum pengguna ponsel di negara berkembang yang sering kali menggunakan ponsel low-end dan ponsel-ponsel lawas yang biasanya memiliki keterbatasan memori.

Selain itu, beberapa wilayah juga memiliki keterbatasan berupa akses internet yang lambat. Hambatan lain yang ingin diterabas dengan aplikasi versi Lite ini adalah bagi mereka yang tidak mampu membeli paket data yang besar.

Instagram mengumumkan bahwa pengguna aktif bulanan mereka telah mencapai 1 miliar. Setiap empat bulan, pengguna aktif telah berkembang kira-kira sebesar 100 juta pengguna dengan banyak pengguna dari negara berkembang. Hal ini sebutkan Instagram minggu lalu saat peluncuran IGTV.

Rival Instagram yang merupakan pelopor fitur stories, Snapchat terlalu fokus dengan pasar di Amerika Serikat tanpa memperhatikan pasar internasional. Fokus ini dimanfaatkan oleh Instagram dan Whatsapp untuk menarik pasar pengguna di negara seperti India dan Brazil.