Microsoft Perbarui Teknologi Pengenal Wajah

0
858

Microsoft baru saja memperbarui teknologinya di ranah face recognition. Pembaruan ini diklaim membantu kecerdasan buatan (artificial intelligent) Microsoft untuk mengenali wajah dengan warna kulit beragam dengan lebih baik.

Dengan pembaruan ini, Microsoft mengungkapkan tingkat kesalahan kecerdasan buatannya dalam mengenali wajah berkulit gelap akan menurun hingga 20 kali lipat.

Di samping itu, tingkat kesalahan dalam mengenali wajah perempuan juga diklaim menurun hingga sembilan kali lipat.

Dilansir dari The Verge, pada Februari lalu MIT’s Media Lab merilis sebuah laporan yang menyatakan bahwa teknologi face recognition milik Microsoft, IBM, dan Megvii salah mengenali wajah perempuan berkulit gelap hingga mencapai 35 persen.

Sedangkan, 99 persen wajah laki-laki berkulit terang berhasil dikenali dengan baik oleh sistem-sistem tersebut.

Menurut Microsoft, hal ini menunjukkan bahwa teknologi kecerdasan buatan hanya akan berfungsi berdasarkan data yang digunakan untuk melatih kemampuan mereka.

Tim yang bertanggung jawab dalam pengembangan teknologi face recognition di Microsoft bekerja sama dengan para ahli untuk membuat suatu sistem yang dinamakan Gender Classifier. Sistem ini diharapkan akan memaksimalkan kinerja face recognition terhadap semua warna kulit.

“Kami membahas bagaimana mengumpulkan lebih banyak koleksi data untuk melatih kecerdasan buatan. Kami juga membahas tentang strategi pengujian sistem secara internal sebelum menyebarluaskan sistem tersebut,” ujar seorang peneliti senior di laboratorium penelitian Microsoft di New York, Hanna Wallach.