Relokasi Harimau Jantan di India

0
593

Seekor harimau jantan seberat 195 kg (420 lb) dipindahkan dari negara bagian Madhya Pradesh ke India bagian tengah ke tempat perlindungan hewan di negara bagian timur, Orissa, 600km (410 mil). Operasi besar-besaran melibatkan banyak petugas kehutanan, dokter hewan satwa liar – dan lima gajah.

Macan berusia tiga tahun, yang dikenal sebagai petugas kehutanan sebagai MB2, tinggal di Taman Nasional Kanha, tempat perlindungan burung dan harimau yang luas di Madhya Pradesh.

Pada 20 Juni MB2 menjadi harimau pertama yang direlokasi.

Ini juga pertama kalinya operasi semacam itu dilakukan di India, kata departemen kehutanan dalam sebuah pernyataan.

MB2 adalah salah satu dari lima harimau jantan yang diidentifikasi untuk relokasi ke cadangan Satkosia di Orissa sebagai bagian dari kampanye untuk meningkatkan populasi harimau di kawasan itu.

“Mudah-mudahan, harimau ini akan memenuhi tujuan operasi ambisius ini dan membantu membangun populasi harimau yang baik di Satkosia,” kata siaran pers tersebut.

Cadangan Satkosia diperkirakan hanya memiliki dua ekor harimau betina dan tidak ada laki-laki.

“Mereka ingin membangun populasi, jadi mereka menginginkan beberapa harimau jantan,” Sanjay Shukla, kepala konservator hutan di Madhya Pradesh, mengatakan kepada BBC.

Dia mengatakan penangkapan MB2 memerlukan operasi besar. Harimau pertama kali dibius dengan anak panah dan kemudian dibawa ke sebuah truk khusus yang dilengkapi dengan kandang khusus yang dibuat untuk perjalanan panjang.

MB2 tiba di Satkosia pada sore hari tanggal 21 Juni, kata Shukla.

MB2 dilepaskan ke kandang di tepi cagar di mana ia diamati untuk melihat bagaimana ia beradaptasi dengan lingkungan barunya.