Tips dan Trik Lindungi Data di Facebook

0
143

Hingga saat ini, Facebook masih menduduki peringkat pertama sebagai jejaring sosial yang paling digemari di dunia. Dengan beragam fitur yang ditawarkannya, Facebook memang dapat memfasilitasi penggunanya untuk melakukan banyak hal.

Namun, isu keamanan data dan informasi pribadi masih menjadi hal penting yang harus jadi perhatian pengguna. Berikut tips dan trik menjaga data tetap aman.

Log out setelah akses akun

Pastikan untuk selalu keluar (log out) dari perangkat atau browser yang pernah digunakan untuk mengakses akun Facebook. Hal ini untuk menghindari akun disusupi oleh tangan-tangan jahil.

Notifikasi log in

Pastikan Anda telah mengaktifkan notifikasi log in dari berbagai perangkat atau browser. Jika fitur ini sudah diaktifkan, akan ada notifikasi dari Facebook ketika ada aktivitas yang mencoba menggunakan akun Anda.

Pakai kata sandi kuat

Pastikan Anda menggunakan kombinasi kata kunci kuat dengan kombinasi huruf kapital, angka, dan simbol. Hindari penggunaan kata sandi yang sama untuk sejumlah situs atau akun.

Sebaiknya juga hindari menggunakan nama atau informasi yang mudah diketahui, seperti tangal lahir. Pilihlah kata sandi yang sulit ditebak orang lain, tapi mudah Anda ingat.

Aktifkan fitur keamanan ekstra

Facebook menyediakan fitur Autentikasi Dua-Faktor untuk menjaga keamanan akun Anda secara ekstra. Setiap kali Anda akan melakukan log in di perangkat baru, Facebook akan mengirimkan email atau SMS berisi kode yang harus dimasukkan untuk mengakses akun.

Tinjau ulang aplikasi pihak ketiga

Jika pernah memilih opsi ‘Masuk dengan Facebook’ saat menggunakan aplikasi pihak ketiga, otomatis aplikasi-aplikasi tersebut memiliki akses ke akun Facebook Anda. Biasakan untuk mengecek aplikasi apa saja yang terhubung dengan akun Facebook. Usahakan agar akun Facebook hanya terhubung dengan aplikasi yang penting dan sering digunakan.

Cek log aktivitas

Untuk merekam aktivitas Anda, Facebook menyediakan fitur Log Aktivitas yang hanya dapat dilihat oleh pemilik akun. Fitur ini menampilkan seluruh aktivitas yang dilakukan pengguna, termasuk menggunggah foto, menyukai suatu unggahan, membagikan postingan dari orang lain.

Jika rutin melakukan hal ini, semakin mudah untuk mendeteksi jika ada aktivitas mencurigakan pada akun Anda.