Gelombang Panas Jepang: Suhu Memecahkan Rekor Nasional

0
1077

Suhu di Jepang telah mencapai rekor tinggi, dengan pejabat mengeluarkan peringatan baru untuk tetap aman.

Jepang telah berhari-hari berada dalam genggaman gelombang panas yang mematikan, meskipun jumlah yang dilaporkan tewas terus bertambah.

Pada hari Senin, termometer memuncak pada 41,1C (106F) di Kumagaya, dekat Tokyo, memecahkan rekor nasional sebelumnya 41C dari 2013.

Lebih dari selusin kota telah mencapai suhu sekitar 40C.

Badan penanggulangan bencana Jepang mendesak orang untuk tinggal di ruangan ber-AC, minum air dan istirahat untuk mencegah kelelahan akibat panas.

“Orang-orang di daerah-daerah di mana suhu setinggi 35 derajat atau lebih harus sangat berhati-hati” untuk menghindari sengatan panas, seorang pejabat agensi meteorologi mengatakan kepada kantor berita AFP.

“Dan bahkan pada suhu yang lebih rendah, panas bisa berbahaya bagi anak-anak kecil dan orang lanjut usia, dan tergantung pada lingkungan dan kegiatan yang Anda lakukan,” pejabat itu memperingatkan.

Di Yokohama, sebuah kota di selatan Tokyo, orang-orang mengambil bagian dalam acara yang dikenal sebagai uchimizu, atau “upacara air” – menuangkan air dingin ke trotoar panas dalam upaya untuk mendinginkan mereka.

Mulai musim panas ini, lebih dari 10.000 orang telah dibawa ke rumah sakit akibat panas, menurut kantor berita negara Kyodo.

Pada hari Senin, sejumlah orang tua meninggal akibat panas yang hebat di prefektur di sekitar Tokyo, menurut pihak berwenang setempat.

Sehari sebelumnya, Dinas Pemadam Kebakaran Tokyo mengirim ambulans sekitar 3.125 kali di dalam ibu kota, angka terbesar untuk sehari sejak dimulai layanan darurat pada tahun 1936, karena heatstroke dan kelelahan berkontribusi pada panggilan darurat, lapor AFP.

Gubernur Tokyo, Yuriko Koike, mengatakan gelombang panas baru-baru ini “persis seperti tinggal di sauna”.

Suhu tertinggi sebelumnya adalah 41C yang tercatat di prefektur barat Kochi pada Agustus 2013, Badan Meteorologi Jepang mengatakan.